Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Android yang Berkualitas

Jika Anda sedang mempelajari bahasa inggris tentu akan membutuhkan kamus sebagai pegangan pokok yang wajib dimiliki. Banyak sekali aplikasi kamus bahasa inggris yang siap didownload di toko aplikasi android, Google Play Store. Namun tidak mungkin akan mendownload semuanya, cukup 1 atau 2 aplikasi yang cocok dan berkualitas saja.

Aplikasi Kamus Bahasa Iggris Yang Berkualitas


Berikut kami rekomendasikan 2 aplikasi kamus bahasa inggris yang menurut kami berkualitas dan layak untuk didownload. Bukan berarti 2 aplikasi ini yang terbaik, namun dua – duanya bagi kami layak untuk menemani dalam mempelajari bahasa inggris. Yaitu :


Aplikasi kamus bahasa Inggris ini umurnya sudah cukup lama, ia mulai dipasarkan di toko aplikasi Google Play Store sejak 24 Februari 2012 dan secara berkala diupdate hingga saat ini. Layaknya aplikasi bahasa inggris pada umumnya dalam satu aplikasi ini menyediakan fitur penerjemahan kata dari bahasa Inggris ke Indonesia dan juga sebaliknya.

Yang menjadikan aplikasi ini layak pertama adalah karena aplikasi ini bersifat offline. Tidak semua aplikasi android bersifat offline, malah lebih banyak yang online. Dengan kemudahan ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakannya di mana pun dan kapan pun walau tidak terhubung dalam jaringan internet.

Kedua karena responsif dan simple. Aplikasi yang dikembangkan oleh Kodelokus ini memang dikhususkan untuk layanan kamus saja, sehingga apa yang ditampilkan tidak banyak memuat gimmick - gimmick yang akan memberatkan loading aplikasi. Dan tampilannya pun sangat simple, ini akan memudahkan Anda yang memang hanya fokus pada kebutuhan kamus dan tidak butuh hal – hal lain di luar kepentingan mencari terjemahan kosakata bahasa inggris.

Ketiga karena database kosakata yang relatif lengkap. Inti yang dibutuhkan dari sebuah kamus adalah kelengkapan kosakatanya. Kelengkapan itu bisa ditemukan di sini, untuk menghandle seluruh kosakata umum yang digunakan sehari – hari aplikasi ini tidak perlu diragukan, dalam menerjemahkan 1 kata pengguna diberikan pilihan alternatif makna yang cukup banyak. Namun pernah juga aplikasi ini tidak bisa menampilkan arti dari sebuah kata yang memang tidak umum.

Keempat karena ada fitur contoh pengucapan kosakata yang benar. Ini sangat membantu sekali dalam belajar bahasa Inggris, bukan hanya untuk mencari tahu maknanya namun juga mengetahui cara pelafalan yang tepat sebagaimana native speaker berbicara.

Namun selain kelebihan ada juga kekurangan dari aplikasi ini. Di antaranya yaitu tidak terdapat contoh penggunaan suatu kata dalam sebuah kalimat layaknya di kamus lengkap terkenal John M. Echols, selain itu aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan kata tidak bisa menerjemahkan sebuah kalimat atau gabungan beberapa kata kecuali yang memang tersedia di database aplikasi.

Baca juga : Rekomendasi Kamus Bahasa Arab Berkualitas 


Beda halnya dengan aplikasi sebelumnya yang mengutamakan tampilan yang simple dan fokus, Aplikasi Bahasa Inggris ini memiliki keunggulan pada kelengkapan fitur dalam mempelajari bahasa inggris secara keseluruhan.

Aplikasi ini umurnya lebih muda dari Kamusku, ia baru dirilis pada 24 Maret 2016. Dengan melakukan promosi yang cukup masif aplikasi ini akhirnya populer dan menarik minat banyak orang untuk menggunakannya.

Beberapa hal yang membuat aplikasi ini layak digunakan adalah pertama, pengelolaan yang profesional. Layaknya aplikasi yang menyediakan beragam layanan lainnya, aplikasi ini didesain dengan cantik dan atraktif. Semua fitur dan layanan yang disediakan ditampilkan dengan rapi dan mudah diakses oleh pengguna.

Kedua bisa digunakan secara online maupun offline. Ketika digunakan secara online, semua fitur yang tersedia akan bisa digunakan oleh pengguna, namun jika ingin menggunakan secara offline, maka hanya layanan pokok saja yang bisa diakses oleh pengguna, seperti kamus offline.

Ketiga menyediakan banyak pilihan bahasa, selain penerjemahan bahasa inggris ke Indonesia atau sebaliknya, aplikasi ini bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa inggris ke dalam bahasa lain seperti arab, china, jerman, prancis, italia dll atau sebaliknya.

Keempat tersedia contoh pelafalan versi british dan american. Sebagaimana yang diketahui bahwa bahasa inggris versi UK (United Kingdom) atau yang biasa dikenal dengan British memiliki pelafalan yang berbeda dengan yang digunakan di orang – orang dengan style American. Karena itu aplikasi ini merasa perlu untuk mengakomodasi hal itu, berbeda dengan aplikasi Kamusku sebelumnya yang hanya menyediakan pelafalan versi American.

Kelima bisa menerjemahkan sebuah frasa dan kalimat, kemampuan sangat bermanfaat dan lebih memudahkan daripada ribet menerjemahkan satu persatu kata. Namun di sisi lain kemudahan ini akan menjadikan orang malas untuk belajar, cukup buka aplikasi beres.

Keenam bisa menerjemahkan sebuah kata atau kalimat menggunakan kamera dan menerjemahkan percakapan, ini adalah terobosan yang luar biasa pada sebuah layanan penerjemahan. Dengan adanya dua fitur ini banyak hal bisa dilakukan dengan mudah.

Ketujuh menyediakan beragam fitur, selain layanan pokoknya yang berupa kamus penerjemah, aplikasi ini mengklaim dirinya sebagai tempat pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu disediakan juga didalamnya beberapa artikel, lagu, video, quiz, dan permainan yang semuanya berbahasa inggris di mana dengan begitu diharapkan para pengguna bisa membiasakan diri dengan hal – hal berbau bahasa inggris maka sedikit demi sedikit bisa menguasainya.

Sedangkan kekurangan yang dimiliki aplikasi ini di antaranya adalah tidak simple, hal ini cukup wajar karena begitu banyaknya layanan yang disediakan. Selain itu untuk menggunakan aplikasi secara offline pengguna diwajibkan mendownload data kamus yang diperlukan sehingga membuat ukuran aplikasi akan membengkak. Banyak fitur yang masih perlu ditingkatkan lagi kemampuannya, seperti penerjemah dengan foto dan penerjemah percakapan, dua fitur ini masih sering tidak akurat dalam menerjemahkan sebuah kata atau kalimat.


Demikian saran atau rekomendasi dua aplikasi kamus bahasa inggris yang kami anggap layak dan berkualitas untuk menemani proses mempelajari bahasa Inggris. Sekian.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Android yang Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel