Arti Sebuah Kesuksesan

arti sebuah kesuksesan

Begitu banyak orang memimpikan sebuah kesuksesan, tak peduli pejabat maupun rakyat biasa, tua maupun muda, kaya atau miskin. Semua berdalih tindakan yang dilakukan atau usaha keras yang dijalani selama ini adalah demi mencapai sebuah kesuksesan. Namun ketika ditanya satu per satu apa arti sebuah kesuksesan, apa kira – kira yang terpikir di benak mereka? Apa yang terpikir di benak Anda? Apa pun jawabannya adalah hak masing – masing untuk menafsirkan. Kami pun demikian, karena itu di sini kami bermaksud untuk menguraikan pandangan kami mengenai arti sebuah kesuksesan, semoga pembaca berkenan.

Pandangan Masyarakat Umum

Melihat pola yang berkembang di masyarakat, kebanyakan orang membayangkan bahwa yang dimaksud dengan kesuksesan adalah mendapatkan apa yang selama ini di impikan. Tergantung apa yang sedang ia impikan, namun umumnya karena berbagai sebab dan keterbatasan yang dimiliki maka sebagian besar orang akan memimpikan sesuatu yang jarang ia rasakan dan menurutnya hal itu sangat menyenangkan seperti memiliki rumah megah, harta berlimpah, mobil tersedia, mendapatkan penghormatan orang lain, memiliki pengaruh luas, dlsb.

Contoh - contoh impian tersebut semakin tertancap dalam benak masyarakat dan bahkan dianggap itulah kesuksesan sejati disebabkan berbagai propaganda dan pengaruh dari media internet atau televisi. Maka setiap orang memacu diri untuk ikut berlomba dan bertarung untuk mencapai arti sebuah kesuksesan dalam arti ingin mewujudkan impian – impian kemewahan tersebut. Seiring berjalannya waktu alam akan menyeleksi secara alami, sebagian berhasil mencapai apa yang diimpikan karena usahanya yang tekun namun sebagian besar lagi gagal karena berbagai alasan. Ini adalah realita yang sering ditemui di sekeliling kita.


Pandangan Kami Tentang Arti Kesuksesan

Kami tidak sepenuhnya menyalahkan atau membenarkan pandangan umum di atas. Namun sebelum membahas lebih jauh, maka seharusnya perlu diketahui dulu apa arti kesuksesan secara harfiah. Kesuksesan berasal dari kata dasar sukses, menurut Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sukses berarti berhasil; beruntung, maka kesuksesan bisa diartikan keberhasilan; keberuntungan.

Berhasil sendiri adalah setiap hal yang sudah tercapai maksudnya atau telah mendapatkan hasil dari sebuah usaha, seperti seseorang bermaksud ingin menyampaikan sesuatu kepada idolanya, maka ketika kesempatan datang ia tidak menyia – nyiakan hal itu, setelah maksud hatinya sudah tuntas disampaikan maka orang tersebut bisa dikatakan berhasil yang berarti juga ia telah sukses mencapai apa yang diimpikan.

Dari pengertian bahasa di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa arti sebuah kesuksesan ternyata sangat luas, keinginan dalam bentuk apapun baik benda, ucapan, tindakan, atau sesuatu yang masih abstrak sekalipun jika telah dicapai maka itu bisa diartikan sebuah kesuksesan. Jadi sebenarnya pola yang berkembang selama ini tentang arti sebuah kesuksesan tidaklah sepenuhnya salah, namun ia telah mengalami penyempitan makna yang cukup signifikan.

Dalam pandangan kami akan lebih aman jika kita tetap berpegang pada arti kesuksesan menurut bahasa, karena dengan begitu kita tidak terjebak untuk mendewakan kata kesuksesan. Setiap hari disadari atau tidak secara bahasa kita telah mengalami banyak kesuksesan atau keberhasilan yang patut disyukuri. Tidak perlu menunggu tercapainya impian yang muluk - muluk yang mungkin oleh sebagian besar orang malah tidak bisa mencapainya hingga ajal menjemput.

Setiap pagi kita bermaksud untuk sarapan sebelum berangkat sekolah/ bekerja dengan mudah hal itu tercapai, itu adalah kesuksesan, setiap minggu kita ingin menikmati hari libur bersama keluarga dengan jalan – jalan ke taman kota dengan mudah itu tercapai, itu adalah kesuksesan, bahkan hingga yang paling dianggap sepele dan sering dilupakan, tubuh kita setiap saat secara otomatis berhasil menghidup oksigen yang diperlukan tanpa hambatan yang berarti itu adalah kesuksesan yang hakiki. Kesuksesan selalu kita alami setiap saat, jadi sebenarnya kesuksesan bukanlah sesuatu yang luar biasa jika kita memiliki patokan arti kesuksesan secara bahasa.

Namun tidak ada salahnya jika seseorang memiliki pandangan ingin mencapai kesuksesan untuk jangka panjang karena hal itu akan menjadikan ia terus bersemangat dan berusaha menggapainya. Kesuksesan yang dimaksud di sini lebih mengarah pada kata impian, harapan atau cita – cita yang ingin di capai. Namun yang perlu diperhatikan adalah apa bentuk impian yang ingin dicapai, karena jangan sampai kita memimpikan sesuatu yang bersifat semu, hal itu akan menjadikan usaha keras yang telah dilakukan terasa sia – sia, tentu tidak ada orang yang tidak ingin menyesali usaha kerasnya, bukan?


Demikianlah sekelumit pandangan kami tentang arti sebuah kesuksesan. Kesimpulannya bahwa tidak ada yang istimewa dari kata kesuksesan ia seperti kata – kata lain pada umumnya. Hanya saja cara pandang sebagian besar oranglah yang menjadikan ia dianggap sebagai sesuatu yang istimewa, padahal sebenarnya setiap hari bahkan setiap saat kita telah mencapai arti sebuah kesuksesan.

Demikian. Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Arti Sebuah Kesuksesan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel