Bekal Penting Memasuki Dunia Kerja

Dunia kerja saat ini persaingannya begitu ketat. Bertambah tahun lulusan sekolah menengah atau perguruan tinggi semakin banyak, setelah lulus tidak sedikit dari mereka yang merasa kesulitan mencari kerja sehingga tidak jarang ditemukan pengangguran di mana – mana. Sebenarnya apa yang penyebab kesulitan tersebut? Jika diamati sebenarnya ada banyak kemungkinan sebab yang melatarbelakangi, namun kemungkinan yang sering terjadi biasanya dikarenakan kemampuan yang dimiliki tidak cukup mumpuni untuk bersaing.

bekal masuk dunia kerja


Untuk itu bagi Anda yang akan memasuki dunia kerja perlu kiranya membekali diri dengan hal – hal penting yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja sehingga menjadi lebih siap dalam menghadapi tantangan di dalamnya. Dengan bekal yang cukup Anda akan menjadi lebih percaya diri dan berani untuk mengambil tindakan dalam situasi yang dihadapi, hal ini akan menjadi nilai positif tersendiri yang melekat dalam diri Anda.

Bekal yang dimaksud di sini bukan hanya soal keilmuan, karena hal itu sudah jelas, tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk terjun di bidang IT, sudah jelas bekal ilmu tentang Komputer akan sangat diperlukan. Namun yang kami maksudkan adalah bekal kemampuan dalam hal lain.
Apa saja bekal penting yang harus dipersiapkan tersebut? Berikut uraian versi Sholahknows.com :

1. Keinginan Kuat Untuk Terus Belajar

Praktik kerja sering kali tidak sepenuhnya sesuai dengan apa yang pernah dipelajari di bangku sekolah maupun kuliah. Terlebih tempat kerja yang akan dimasuki tidak linier dengan jurusan sewaktu sekolah atau kuliah. Misalnya sarjana lulusan Teknik Industri terjun ke dunia peternakan, siswa lulusan SMK teknik otomotif terjun ke bisnis konveksi, dan lain – lain, contoh – contoh tersebut cukup sering terjadi di sekitar kita.

Jangankan yang tidak linier, bahkan jika bekerjanya di bidang yang linier/ memiliki kaitan dengan jurusan Anda sewaktu sekolah atau kuliah, sangat dimungkinkan praktik kerjanya akan terasa asing dan berbeda dengan ilmu yang selama ini dipelajari. Maka sejak dini sebelum memasuki dunia kerja bekal keinginan yang sangat penting ini perlu dimiliki. 

Ilmu pengetahuan selalu bergerak dinamis, ia akan terus berkembang dari waktu ke waktu, barang siapa yang hanya berdiam diri, ia akan semakin tertinggal. Maka mau tidak mau setiap orang dituntut untuk terus mempelajarinya tanpa lelah bahkan hingga ajal menjemput, jangan dipikir belajar hanya cukup ketika di sekolah atau kuliah saja.

Jika memiliki bekal penting ini, Anda pasti akan mampu bertahan dalam setiap tekanan dalam dunia kerja.

2. Kemampuan Berkomunikasi 

Dalam dunia kerja Anda selalu akan berhubungan dengan orang, baik dalam lingkup kecil maupun luas. Agar hubungan tersebut bisa berjalan lancar setiap orang dituntut mampu untuk saling berkomunikasi dengan baik. Itu merupakan salah satu pondasi dalam sebuah hubungan kerja.

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang bisa menciptakan suasana nyaman bagi masing - masing orang yang terlibat di dalamnya. Tidak ada yang merasa dilecehkan, tidak ada yang merasa dihina, tidak ada yang merasa direndahkan, masing – masing merasa dihargai dan merasa pendapatnya didengarkan. Ini semua akan bisa terwujud jika masing – masing tidak ada yang berlaku jujur dan bersikap saling menghormati satu sama lain.

Sebenarnya kemampuan berkomunikasi tidak hanya bermanfaat di dunia kerja saja, di luar itu, dalam kehidupan bermasyarakat hal ini juga sangat diperlukan. Maka walaupun setelah berlatih berkomunikasi ternyata tidak mendapat posisi kerja yang memuaskan setidaknya kemampuan itu akan memiliki manfaat di banyak hal lain.

3. Kemampuan Mengatur Waktu

Bekerja di bidang apapun, baik menjadi sebagai maupun membuka usaha sendiri menjadi seorang enterpreneur seseorang harus mampu mengatur waktunya secara bijak. Bisa membagi waktu untuk bersantai, istirahat, bermain, refreshing dan waktu serius kerja. Para pekerja bukan lagi anak kecil yang harus disuruh – suruh oleh orang tua untuk tidur, besoknya sekolah, mereka adalah orang mandiri yang sudah harus bertanggungjawab atas dirinya sendiri.

Kebanyakan pegawai perusahaan sekarang diberlakukan sistem shift artinya ada jadwal – jadwal tertentu yang sudah ditetapkan oleh perusahaan bagi karyawannya mulai jam berapa pegawai mulai kerja hingga jam pulang. Seperti shift pagi mulai jam 07.00 – 15.00 shift sore mulai jam 15.00 – 23.00, shift malam mulai jam 23.00 – 07.00. Jadwal tersebut terkadang tidak statis, terkadang manajemen perusahaan menentukan untuk dilakukan rolling beberapa waktu sekali. Hal semacam ini jika tidak disikapi dengan pengaturan waktu secara bijak pasti tidak akan bisa bertahan lama bekerja di perusahaan tersebut.

Atau jika Anda membuka usaha sendiri mengatur waktu secara bijak akan lebih dibutuhkan. Tidak ada rutinitas kantor yang bershift – shift bukan berarti bisa membuat Anda seenaknya bersantai – santai dalam menjalankan usaha, justru dalam membangun atau merintis usaha dari kecil sangat membutuhkan ketelatenan dan ketekunan yang tinggi. Mudahnya coba perhatikan, lebih banyak mana pelanggan / konsumen dari sebuah toko yang buka secara teratur dan konsisten menyediakan produk terbaik atau toko yang didesain alakadarnya dan buka dalam waktu yang tidak menentu. Itulah arti penting mengatur waktu secara bijak dalam dunia kerja.


Itulah 3 bekal utama dan paling penting dalam memasuki dunia kerja, sebenarnya masih ada beberapa bekal lain, namun kami kira sudah bisa diwakili oleh 3 point pokok di atas. Seperti kerja sama tim, ini sudah terwakili oleh point kedua, dengan kemampuan komunikasi yang baik setiap orang pasti bisa menjalin kerja sama tim yang solid termasuk juga di dalamnya kemampuan berorganisasi dan berkoordinasi. Bekal lain seperti Rajin juga sudah terwakili oleh point ketiga. Seseorang yang mampu mengatur waktunya secara bijak secara otomatis ia adalah orang yang rajin dan tekun dalam banyak hal lain.

Demikian uraian singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Bekal Penting Memasuki Dunia Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel