Contoh dan Penjelasan Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Salah satu surat yang dibutuhkan untuk mendampingi surat lamaran kerja adalah daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Surat ini memiliki fungsi utama sebagai penggambaran diri seseorang secara lebih lengkap dibandingkan keterangan indentitas singkat yang disebutkan dalam surat lamaran kerja.

Selain untuk keperluan melamar kerja, CV sebenarnya sering dibutuhkan dalam banyak keperluan lain seperti, sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa pendidikan, sebagai syarat untuk keperluan ujian skripsi, untuk banyak keperluan bisnis dll. Intinya daftar riwayat hidup/ CV berguna untuk memperkenalkan diri kita secara tidak langsung kepada pihak lain secara resmi.

Namun perlu berhati - hati jangan sampai tertukar dengan pengertian CV lain. Karena ternyata CV juga digunakan untuk pengertian lain. Di bidang kewirausahaan CV adalah akronim dari Commanditaire Vennotschap/ Persekutuan Komanditer, sedangkan dalam dunia kepenulisan CV biasa digunakan sebagai singkatan dari copy paste/ salin tempel. Sedangkan CV yang kita maksud di sini adalah akronim dari Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup untuk menjelaskan secara tertulis identitas seseorang.

Tata cara penulisan Curriculum Vitae (CV)

Saat ini orang berlomba untuk membuat berbagai model desain paling menarik untuk menampilkan CV nya. Hal ini karena dimaksudkan agar pihak HRD suatu perusahaan yang dilamar merasa tertarik untuk membaca CV kita. Apalagi jika perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan terkenal, tentu pelamar kerja yang mendaftar jumlahnya begitu banyak, maka dengan model CV yang menarik tentu peluang CV kita dibaca akan lebih tinggi.

Selebihnya, tentu jangan melupakan kemampuan yang Anda miliki, karena hal utama yang dibutuhkan oleh perusahaan adalah kemampuannya bukan desain CV. CV hanyalah sarana untuk memperkenalkan diri, selebihnya jika perusahaan berminat, pihak HRD akan memanggil Anda untuk dilakukan tes dan interview untuk menilai sejauh mana kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawannya tersebut.

Layaknya perkenalan secara umum, dalam daftar riwayat hidup / CV tentu Anda perlu menampilkan semua hal yang menyangkut tentang diri Anda. Tidak ada batasan khusus tentang bagaimana Anda ingin menampilkan data diri Anda dalam CV, namun dalam rumus perkenalan semakin lengkap data diri yang ditampilkan akan semakin baik.

Berikut beberapa hal yang umum ditulis dalam Curriculum Vitae (CV) :
  1. Identitas Utama (Nama lengkap, TTL, NIK, Alamat Lengkap, Jenis Kelamin, Agama, Status, Kontak yang bisa dihubungi, E-mail)
  2. Riwayat Pendidikan (SD, SMP, SMA, S1, S2, S3/ sederajat) perlu dijelaskan pula tahun memulai pendidikan-lulus, nama sekolah, lokasi sekolah, jurusan kuliah dan IPK.
  3. Pengalaman Kerja dan organisasi (jika ada)
  4. Keterampilan yang dimiliki (penguasaan bahasa asing, penguasaan komputer, atau penguasaan keterampilan lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar)
  5. Personalita (Gambaran singkat tentang diri Anda)
  6. Informasi lain (Hobi, Tinggi/Berat badan, prestasi yang pernah diraih dll)

Anda tidak harus memasukkan semua point di atas dalam CV. Namun semakin lengkap konten yang ditampilkan perusahaan mungkin akan memberi nilai tersendiri karena melihat iktikad baik Anda.

Berikut contoh Curriculum Vitae (CV) yang bisa Anda jadikan referensi :

Penjelasan curriculum vitae CV

Download File di sini

Sekian penjelasan kami tentang CV, semoga bermanfaat. Namun sekali lagi satu hal yang perlu diperhatikan bagi para pencari kerja bahwa meningkatkan ilmu, wawasan dan keterampilan yang dimiliki mutlak harus dilakukan. Karena andai saja tidak ada satu pun perusahaan yang mau menerima kita setidaknya masih ada kemampuan yang dimiliki untuk survive, dengan kemampuan yang ada kita akan bisa melihat peluang lain untuk berusaha secara mandiri tanpa harus tergantung pada para penyedia lapangan pekerjaan.

Sekian. Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Contoh dan Penjelasan Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel