Contoh Format dan Penjelasan Surat Lamaran Kerja

Contoh dan Penjelasan Lamaran Kerja


Surat lamaran kerja adalah salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi ketika melamar pekerjaan. Jangankan di perusahaan kelas nasional, saat ini menjadi penjaga stand toko kecil saja banyak yang memberi syarat untuk melampirkan Surat lamaran Kerja. Begitu pentingnya keberadaan surat ini.

Sebenarnya bagi pembuka lowongan kerja, hal mendasar yang penting dari keberadaan Surat lamaran adalah menguji keseriusan para calon pegawai untuk mendapatkan pekerjaan yang dimaksud, selain itu ia juga penting untuk memberi kesan bahwa calon pegawailah yang membutuhkan pekerjaan sehingga calon karyawan tidak bertindak semaunya dan lebih mudah untuk diarahkan. 

Namun tentunya dalam melamar pekerjaan, tidak cukup hanya melampirkan surat lamaran. Ada beberapa dokumen lain yang juga dibutuhkan untuk melengkapi data yang dibutuhkan mendampingi surat lamaran. Di antaranya yang umum dilampirkan adalah :

   - Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (CV)
   - Foto copy Kartu Identitas
   - Foto copy Kartu Keluarga
   - Foto copy Ijazah Pendidikan Terakhir
   - Foto copy Transkrip Nilai
   - Surat Keterangan Kesehatan dari Rumah Sakit
   - Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
   - Sertifikat prestasi atau keikutsertaan pelatihan yang sesuai dengan pekerjaan (bila ada)
   -  Surat Pengalaman Kerja (bila ada)

Semakin lengkap dokumen yang di penuhi semakin baik pula kesan yang diberikan yaitu bahwa calon pegawai terlihat bersungguh – sungguh untuk berniat mendapat pekerjaan. Namun terkadang banyak juga perusahaan yang tidak terlalu memperhatikan kelengkapan dokumen secara detail, cukup ada data – data penting terkait identitas pelamar pekerjaan sudah bisa diterima, sedangkan sertifikat biasanya tidak terlalu diperhatikan karena biasanya setiap perusahaan akan melakukan tes kemampuan para calon karyawan. Dengan tes, kemampuan sesungguhnya akan diketahui secara valid.

Hal – hal yang Perlu Diperhatikan 

Bagian dalam membuat surat lamaran yang perlu ada adalah :
  • Penerima Surat Lamaran dituliskan dengan sejelas – jelasnya. ini perlu diperhatikan agar penulisan nama dan gelar tidak sampai keliru.
  • Mencantumkan data identitas diri (nama, ttl, alamat lengkap, pendidikan terakhir, kontak yang bisa dihubungi, Email jika ada)
  • Menerangkan maksud dengan jelas bahwa surat ini ditujukan untuk melamar pekerjaan di bidang tertentu di perusahaan tertentu.
  • Menyebutkan dokumen – dokumen pendukung yang dilampirkan mendampingi surat lamaran ini.
  • Tanggal pembuatan
  • Tanda tangan pelamar pekerjaan.

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa surat lamaran kerja tidak bisa berdiri sendiri ia harus didampingi dokumen lain. Maka ketika Anda melihat ada suatu lowongan pekerjaan di mana terdapat keterangan mengirim Lamaran Kerja di alamat tertentu, maka Lamaran kerja yang dimaksud adalah surat lamaran kerja sekaligus semua dokumen pendukungnya.

Silahkan download contoh format surat lamaran disini.

Sekian keterangan tentang Surat Lamaran Kerja. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Format dan Penjelasan Surat Lamaran Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel