Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba


Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba


Proses penerimaan karyawan atau mitra kerja biasanya cukup ribet, di antara berpuluh bahkan beratus pelamar pekerjaan, seorang HRD belum mengetahui siapa kandidat terbaik yang bisa dipilih untuk direkrut menjadi karyawan. Di antara salah satu pertimbangannya adalah faktor wajib bebas narkoba.

Untuk itu seorang calon karyawan harus mampu menunjukkan bukti bahwa ia bukanlah pecandu narkoba atau sejenisnya. Biasanya sebagai bukti penguat adalah hasil pemeriksaan atau tes laboratorium dari dokter bahwa ia bebas dari narkoba.

Namun bukti tersebut saja tidaklah cukup, biar lebih mengikat dan meyakinkan biasanya pihak perusahaan meminta calon karyawannya untuk membuat Surat Pernyataan Bebas Narkoba, di mana di dalamnya terdapat pernyataan tertulis yang resmi dan bisa dipertanggungjawabkan bahwa ia tidak pernah dan tidak akan pernah terlibat dalam kasus narkoba dalam bentuk apapun selama ia menjadi karyawan perusahaan. Jika di kemudian hari terbukti ia melanggar maka bersedia menerima konsekwensi dari perusahaan dan rela dituntut di pengadilan.

Surat ini secara psikologi akan membuat calon karyawan menjadi lebih berhati – hati dengan kasus narkoba, sehingga hal ini juga bisa menjadi tes kejujuran dan komitmen calon karyawan dalam menjaga pernyataan yang sudah ia keluarkan tersebut. Selain untuk proses rekrut karyawan Surat Pernyataan Bebas Narkoba ini juga sering dijadikan persyaratan untuk proses perekrutan lain seperti, penerimaan mahasiswa baru, penerimaan anggota baru organisasi, penerimaan PNS, TNI dan Polri dan lain sebagainya. Maka penting kiranya mengetahui cara pembuatan Surat Pernyataan Bebas Narkoba ini.


Tata Cara Penulisan Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Surat pernyataan biasanya dituliskan secara lugas dan tanpa bertele – tele. Beberapa hal yang harus ada dan dinyatakan didalamnya sebagai berikut :
  1. Judul “Surat Pernyataan Bebas Narkoba” atau hanya “Surat Pernyataan”
  2. Identitas diri pembuat pernyataan
  3. Pernyataan secara lugas bahwa pembuat pernyataan mengakui dengan sebenar – benarnya ia tidak pernah menggunakan/ terlibat kasus narkoba jenis apapun, dan berjanji akan menjaga komitmen untuk bebas narkoba setidaknya selama menjadi karyawan Perusahaan yang bersangkutan, jika di kemudian hari ia melanggar, maka secara jelas menyatakan bersedia menerima konsekwensi dari perusahaan dan bersedia dituntut di pengadilan.
  4. Tempat dan tanggal disahkannya surat pernyataan
  5. Tanda tangan pengesahan dari pembuat pernyataan
  6. Materai (Jika diperlukan)

Berikut contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba :


SURAT PERNYATAAN

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama                 : ......................................................................................
    Tempat/ Tgl Lahir : ......................................................................................
    Jenis Kelamin         : ......................................................................................
    Alamat Lengkap : ......................................................................................
    Kontak         : ......................................................................................

Dengan ini menyatakan bahwa :
  1. Tidak pernah menggunakan atau terlibat dalam kasus narkoba jenis apapun.
  2. Berjanji untuk tidak mendekati apalagi terlibat di dalam kasus narkoba jenis apapun. Jika di kemudian hari ditemui pelanggaran bahwa kami terlibat dalam kasus narkoba, kami bersedia menerima konsekwensi dari perusahaan juga bersedia dituntut di pengadilan.
  3. Bersedia mematuhi segala peraturan yang ditetapkan oleh Perusahaan.

Demikian surat ini kami buat dengan sebenar – benarnya tanpa dipengaruhi oleh pihak mana pun, dan kami bertanggungjawab penuh terhadap kebenaran pernyataan di atas.

                                                                                                    Bandung, ..................... 20.......
                                                                                                       Yang Membuat Pernyataan



                                                                                                                  (Nama Jelas)

Download File disini


Demikian contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba. Karena surat ini bukan termasuk surat kedinasan, maka tidak perlu menggunakan Kop Surat dan tidak membutuhkan stempel resmi. Untuk contoh dalam keperluan lain hanya perlu memodifikasi sedikit di point - point pernyataan dan menambah data identitas diri yang dibutuhkan seperti data fakultas/ prodi, jika digunakan untuk penerimaan calon mahasiswa baru 

Sekian. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel