Mengintip Peluang Usaha yang Menarik dan Layak Dicoba (Bag. 1)

Peluang Usaha yang menarik dan layak dicoba

Secara normal kebanyakan orang setelah lulus sekolah/ kuliah, pandangan kedepan adalah berusaha mencari kerja untuk menghasilkan uang. Hanya sebagian kecil yang memiliki gagasan untuk berusaha menciptakan peluang usaha sendiri di mana dia akan terlepas dari ketergantungan pada orang lain.

Hal ini wajar terjadi karena untuk membuat usaha sendiri tidaklah mudah, dibutuhkan kemampuan yang cukup dan usaha yang keras untuk memulai, membangun dan mengembangkan usaha sehingga bisa mencapai hasil yang diharapkan. Karena itulah lebih banyak orang merasa pesimis untuk menjalaninya dan memilih cara yang mainstream yaitu melamar pekerjaan pada suatu perusahaan yang sudah berdiri mapan. Dengan begitu semua akan terasa lebih simple, hanya mengerjakan apa yang akan ditugaskan oleh perusahaan kepadanya dan tidak memikirkan hal – hal lain di luar kewajibannya.

Namun masing masing pilihan pastilah memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meskipun tidak mudah, tidak bisa dipungkiri bahwa membuka usaha sendiri memiliki banyak kelebihan. Di antaranya, tidak terikat pada rutinitas yang membosankan, semua keputusan untuk mengatur jalannya usaha mutlak di tangan sendiri, tidak ada yang menyuruh ini itu, dll

Namun sebelum mulai membuka usaha sendiri, perlu di catat bahwa apa pun usaha yang dijalani, hindarkan pikiran dari fokus yang berlebihan pada uang dan terburu buru ingin mendapatkan hasil secara instan. Karena dengan begitu usaha jadi terasa tidak nikmat dan andaikan benar jika pada akhirnya menghasilkan uang banyak, namun kedamaian dan kebahagiaan dalam hati sulit untuk diraih.

Rumus terbaiknya ialah fokus pada manfaat yang bisa diberikan kepada orang dan lingkungan sekitar. Dengan fokus pada manfaat, hati akan menjadi tenang dan damai, walau uang yang dihasilkan dari usaha tidak banyak, bukankah itu harapan hati terdalam kita?


Jika Anda merasa cocok dan memang tertarik untuk membuka usaha sendiri berikut kami sajikan peluang usaha yang cukup bermanfaat dan layak untuk dicoba :

1. Cafe Pelajar

Selama ini warung kopi atau cafe identik sebagai tempat nongkrong anak muda, pemuda pemudi yang lagi kasmaran, orang mengobrol berlama - lama menghabiskan waktu atau tempat jujugan para pemburu wifi gratisan. Namun dengan tujuan berfokus pada manfaat, tercetus ide untuk menggabungkan konsep perpustakaan dan cafe, sehingga terwujud cafe yang anti - mainstream. 

Cafe ini di desain untuk mengakomodasi orang yang membutuhkan tempat berkumpul yang nyaman untuk melakukan diskusi atau belajar kelompok.

Dengan begitu, lokasi yang cocok dan strategis untuk membuka usaha ini harusnya berada di tempat yang mudah diakses, lebih bagus lagi jika berada di dekat dengan perkantoran, sekolah atau kampus. Target utama konsumennya ialah pegawai kantor, siswa, mahasiswa atau siapa saja yang membutuhkan tempat yang nyaman untuk berdiskusi dan belajar.

Perbedaan menonjol dengan cafe yang lain ialah terletak pada desain interior dan layanan yang disediakan. Untuk bisa menjadi tempat diskusi atau belajar yang baik, kenyamanan pengunjung menjadi pertimbangan utama yang harus diperhatikan, mulai dari tempat duduk, suhu udara yang terjaga, pencahayaan yang memadai, sambungan listrik, fasilitas kamar mandi bersih, tempat ibadah hingga kualitas sambungan wifi yang memuaskan, semua perlu diperhatikan.

Selain itu, untuk memberi kesan kuat sebagai tempat belajar atau diskusi, perlu di sediakan buku – buku bacaan dan bermacam alat tulis penting yang diletakkan pada tempat tempat yang mudah dijangkau pengunjung. Sebagai permulaan cukup menyediakan buku bacaan ringan untuk menarik minat baca para pengunjung seperti novel yang lagi booming atau bacaan dengan genre motivasi dan pengembangan diri. Seiring berjalannya waktu perlu disediakan kotak saran untuk pengunjung agar bisa request kira – kira buku apa yang ingin disediakan untuk menambah koleksi rak buku cafe.

Metode pemasaran bisa melalui grup/ forum di medial sosial atau dengan menyebarkan brosur – brosur pada target utama di perkantoran atau sekolah di sekitar cafe.

Keuntungan dari usaha ini tidak hanya terletak pada penjualan makanan dan minuman saja, namun bisa dikembangkan dalam beberapa hal, menjual buku misalnya, dengan mengajak kerja sama penjual buku kita bisa menyediakan buku dengan lebih cepat dan lebih murah untuk para pengunjung jika ingin memiliki buku seperti yang disediakan. Keuntungan lain bisa dihasilkan lewat promo kursus privat/ berkelompok kepada pengunjung siswa jika tertarik mendapatkan bimbingan belajar, untuk itu bisa bekerja sama dengan teman atau saudara yang menguasai ilmu bidang tertentu yang akan diajarkan jika Anda tidak menguasainya.

Peluang usaha ini cukup menarik, namun agaknya lebih cocok dilakukan oleh orang yang memiliki cukup modal, karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. namun bisa juga diwujudkan dengan cara mengajak kerja sama dengan orang lain yang memiliki modal.

2. Pengolahan Sampah

Pandangan sebelah mata yang melekat pada pemulung atau pegawai kebersihan lingkungan selama ini rasanya tidak adil, karena tanpa keberadaan mereka, keadaan lingkungan sekitar akan terlihat kumuh dan tidak nyaman. Mereka adalah orang – orang yang kuat baik secara fisik maupun mental, tidak banyak orang yang bisa melakukan hal yang sama. 

Terlepas dari apa kata orang, menekuni usaha pengolahan sampah sebenarnya adalah usaha yang cukup menjanjikan dan sangat bermanfaat. Dengan membekali diri dengan ilmu – ilmu tentang pengolahan sampah, baru akan terlihat ternyata banyak model bisnis yang bisa dikembangkan melalui pengelolahan sampah, di antaranya, bisnis daur ulang sampah, pembuatan pupuk kompos organik, hingga pengolahan sampah plastik untuk dijadikan BBM (Bahan Bakar Minyak).

Semua ilmu dasar untuk pengolahan sampah sudah tersebar dan tersedia gratis di internet, sehingga siapa pun bisa mengakses dan mempelajarinya. Namun untuk lebih memperdalam pengetahuan perlu turun langsung ke lapangan mempraktekkan di dunia nyata kalau perlu belajar secara langsung kepada senior yang sudah terjun lama di bidang tersebut.

Peluang usaha ini memungkinkan untuk digeluti oleh khalayak yang lebih luas, karena relatif membutuhkan modal yang minim. Hanya saja dibutuhkan mental yang kuat dan wajah yang tebal untuk menerima komentar para tetangga. Hehehe..


Untuk sementara, inilah peluang usaha yang bisa kami bagikan. Masih ada banyak ide – ide usaha yang menunggu untuk ditulis, semoga kami berkesempatan kembali untuk berbagi ide seputar peluang usaha ini di lain kesempatan. To be continued....  

Belum ada Komentar untuk "Mengintip Peluang Usaha yang Menarik dan Layak Dicoba (Bag. 1)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel