Pandangan Hidup Muslim Buya Hamka


warisan pemikiran Buya Hamka

Sebuah buku menarik dan sangat bermanfaat untuk dibaca kami rekomendasikan salah satu buku karangan Prof. Dr. Hamka yang berjudul Pandangan Hidup Muslim. Buku setebal hampir 300 halaman ini memuat pemikiran – pemikiran beliau terkait sebuah pertanyaan bagaimana seharusnya seorang muslim menggunakan akal dan perasaannya untuk memahami arti hidup dan menyikapi banyak hal di dunia pada era modern ini?

Berbagai pokok permasalahan yang dibahas di dalamnya otomatis akan didasarkan pada teologi keislaman, yaitu kepercayaan total dan Istiqomah terhadap Dzat Yang Maha Kuasa. Kata beliau, “ Kita akan mengembara di dalam hidup, kita akan menempuh lautan dan daratan ..... kita akan pernah merasa ragu2, dan ada juga masanya berjumpa dengan gelap dan gulita. Tetapi satu hal tidaklah akan pernah padam, meskipun diakui dia pernah lindup disaputi awan, namun tidak akan hilang sama sekali. Yaitu kepercayaan akan adanya Tuhan.

Sebagai seorang muslim kepercayaan ini merupakan pokok pemikiran yang seharusnya dipegang teguh dalam setiap langkah kehidupan. Meskipun terkadang terbersit dalam benak suatu keraguan akan keberadaanNya, meskipun juga terkadang pengaruh pemikiran yang dikembangkan oleh paham Atheisme mengganggu keyakinan seorang muslim, keyakinan di lubuk nurani terdalam itu tidak akan pernah hilang, bahwa ada Dzat Yang Maha Ada. Maka segeralah kembali ke dalam jalur yang memang sudah seharusnya dilalui oleh setiap umat manusia ini.

Yang menjadikan buku ini lebih menarik ialah Penulis tidak melulu hanya membahas doktrin agama namun disisipkan pula pembahasan terkini ilmu pengetahuan yang berkembang di masa buku ini beliau tulis, salah satunya dalam bab ke VII Lunik III Mencapai Bulan, sekelumit bahasan menyangkut teknologi dan penemuan dalam ilmu pengetahuan yang berkembang di zaman itu, memberi pemahaman bahwa dalam menjalani kehidupannya sebagai manusia, umat muslim tidak seharusnya bersikap anti terhadap ilmu pengetahuan. Namun justru dengan mempelajari ilmu pengetahuan lebih dalam seorang muslim lebih menundukkan dirinya kepada Dzat Pencipta, semakin paham akan betapa besar kuasaNya di alam semesta ini.

Selain itu, masih ada banyak lagi pokok pembahasan yang menarik untuk dibaca dan direnungi oleh segenap kaum muslimin. Bersamaan dengan tersusunnya seluruh pembahasan dalam buku ini Prof. Dr. Hamka ingin menyampaikan pesan bahwa seorang muslim haruslah memiliki pandangan hidup atau cara berpikir yang benar. Dengan melihat suatu perkara secara pas tentu tindakan yang muncul tidak akan melenceng dari syari’at yang sudah digariskan oleh Allah, Dzat Yang Maha Pencipta.

Namun untuk memiliki pandangan yang tepat, tentu dibutuhkan wawasan yang luas dan memadai. Wawasan bisa diperoleh dengan terus mempelajari, membaca dan merenungi banyak hal tanpa lelah, salah satunya dengan membaca buku ini. Silahkan. 😊

Belum ada Komentar untuk "Pandangan Hidup Muslim Buya Hamka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel