Penjelasan Singkat Tentang Surat Pernyataan

Perngertian Surat Pernyataan

Pengertian dan Asal Usul Surat Pernyataan

Surat pernyataan sering diutuhkan dalam berbagai kesempatan. Ia memiliki fungsi yang sangat beragam tergantung isi pernyataan di dalam surat. Surat pernyataan sendiri merupakan suatu surat yang digunakan untuk menginformasikan kepada pihak lain bahwa pembuat surat mengakui dengan sebenar – benarnya pernyataan yang tertulis di dalam surat. Dalam arti si pembuat surat membahasakan pernyataan yang ia buat dalam bentuk tertulis.

Melihat asal usulnya, surat pernyataan sebenarnya dibuat untuk mengikat pernyataan yang dibuat oleh satu orang atau lebih/ satu organisasi atau lebih. Dalam suatu kesepakatan atau suatu perjanjian apa pun tentu tidak cukup hanya menggunakan pernyataan lisan. Apalagi jika itu menyangkut urusan yang cukup penting. 

Lisan sifatnya lentur, ia bisa berubah – ubah tergantung situasi dan kondisi. Karena itu, untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan perlu dibuat mekanisme yang bisa mengikat pernyataan yang dikeluarkan oleh suatu pihak. Sebenarnya bisa saja mengikat pernyataan yang dibuat secara lisan namun membutuhkan saksi. Hal ini dalam kondisi tertentu terasa cukup ribet dan tidak fleksibel maka mekanisme yang pas adalah memperkenalkan konsep surat pernyataan ini. Dengan adanya surat yang diberi materai, ditandatangani dan distempel, maka cukup hal itu sebagai pengikat yang kuat secara hukum atas pernyataan yang dikeluarkan oleh suatu pihak.

Jadi sebenarnya surat pernyataan dibuat karena didasari oleh rasa ketidakpercayaan atau kecurigaan penerima surat pernyataan terhadap pembuat surat. Hal ini terkesan wajar karena munculnya banyak oknum yang tidak bertanggungjawab, di awal terlihat baik dan bisa dipercaya, namun di kemudian hari terlihat belangnya. Contoh dalam suatu kesepakatan yang terjadi, salah satu pihak melakukan wanprestasi dan mengakibatkan kerugian pada suatu pihak lainnya, ketika dituntut ke pengadilan bisa saja ia mengelak karena tidak ada bukti kuat baik berupa tulisan, rekaman atau saksi (yang mungkin sudah meninggal atau sengaja dibunuh) yang bisa menjeratnya. Maka permasalahan seperti ini tidak bisa dibiarkan berlarut – larut, untuk itu salah satu solusi yang dibuat ialah dengan mengenalkan konsep dibuatnya surat pernyataan ini.


Jenis Surat Pernyataan

Dilihat dari macamnya, surat pernyataan memiliki kegunaan yang luas menyangkut pernyataan apa pun yang dikeluarkan oleh suatu pihak, maka biasanya untuk membedakan satu sama lain bisa dilihat dari namanya yang beragam, seperti :
  1. surat pernyataan bebas narkoba
  2. surat pernyataan kesanggupan (melakukan/ tidak melakukan sesuatu)
  3. surat pernyataan kebenaran (dokumen, data, dll) 
  4. surat pernyataan pengakuan (berhutang, belum menikah, kehilangan atau lainnya)
  5. surat pernyataan kepemilikan (harta atau lainnya)
Dari sini diketahui bahwa sama halnya dengan pernyataan yang dikeluarkan secara lisan yang tidak terbatas, maka begitu pula dengan surat pernyataan ini, ia hanya merupakan cerminan dari pernyataan seseorang yang dikeluarkan secara lisan.

Sedangkan dilihat dari pihak pembuatnya, surat pernyataan dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
  • Surat pernyataan individu (bisa satu orang atau lebih)
  • Surat pernyataan dinas (dibuat mewakili suatu organisasi / perusahaan tertentu)
Keduanya memiliki fungsi dan berkekuatan hukum sama, hanya saja format penulisannya yang berbeda, seperti yang diketahui bahwa surat dinas resmi harus menampilkan kop surat dari organisasi/ perusahaan dan nomor surat, sedangkan surat pernyataan individu tidak memerlukannya.

Fungsi Surat Pernyataan

Dari keterangan sebelumnya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa fungsi dibuatnya surat pernyataan adalah :
  1. Sebagai pengganti pernyataan secara lisan
  2. Sebagai pengikat pernyataan suatu pihak yang memiliki kekuatan hukum
  3. Sebagai sarana yang cukup mudah dan fleksibel untuk mengikat suatu pernyataan
  4. Sebagai dokumen pendukung yang resmi

Demikian keterangan singkat tentang pengertian, asal usul, jenis dan fungsi surat pernyataan. Jika ada tambahan atau kekurangan dalam penyampaian bisa disampaikan kepada kami melalui kolom komentar atau lainnya.

Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Singkat Tentang Surat Pernyataan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel