Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Arab Yang Bagus dan Berkualitas

Aplikasi Kamus Bahasa Arab Berkualitas

Bahasa Arab termasuk salah satu bahasa yang sulit dipelajari. Bahkan di kalangan umat Islam sendiri, yang menguasai Bahasa Arab terhitung sedikit. Mayoritas hanya bisa sebatas membaca tulisan atau mengenali suara yang berbahasa Arab. Meskipun begitu, tidak sedikit kalangan yang giat mempelajarinya, baik di Pesantren, Sekolah, Universitas hingga tempat kursus yang menyediakan bimbingan belajar Bahasa Arab.

Setiap mempelajari bahasa asing, tentu seseorang membutuhkan sebuah buku pegangan utama, yaitu kamus. Begitu juga dengan mempelajari Bahasa Arab. Maka perlu kiranya setiap pelajar memiliki Kamus Bahasa Arab yang bagus dan berkualitas sehingga bisa membantu mereka dalam mempelajari Bahasa Arab yang cukup rumit tersebut.

Kamus Bahasa Arab mungkin tidak lebih populer daripada Kamus Bahasa Inggris. Kebutuhan akan Kamus Bahasa Arab jumlahnya berkali lipat lebih rendah dari Kamus Bahasa Inggris. Namun bukan berarti orang sama sekali tidak membutuhkannya. Bagi banyak kalangan yang sedang belajar di lembaga yang ada kaitannya dengan Bahasa Arab maupun mereka yang bekerja di lingkungan berbahasa Arab, Kebutuhan Kamus Bahasa Arab yang berkualitas adalah sesuatu yang wajib bagi mereka sebagai pedoman dalam belajar & berkomunikasi.

Perkembangan aplikasi di smartphone hari ini cukup membantu para pelajar. Di toko aplikasi utama smartphone ber OS Android, Play Store, banyak pengembang yang melihat peluang ini sehingga satu per satu mulai bermunculan beberapa aplikasi Kamus Bahasa Arab yang bersaing kualitas. Tentu persaingan ini akan memberikan keuntungan bagi para pengguna.

Dari begitu banyak aplikasi Kamus Bahasa Arab yang beredar di Play Store, kami akan merekomendasikan kepada kalian 2 Kamus Bahasa Arab yang bagus dan berkualitas Arab versi kami, cocok untuk menemani dan menjadi sarana dan pegangan kalian dalam mempelajari Bahasa Arab selain tentunya tetap lebih baik jika memiliki buku Kamus Arab konvensional yang terpercaya. Berikut Uraiannya :


Kamus pertama ini yang menurut kami paling recommended bagi para pelajar, pekerja atau guru yang menggeluti bidang Bahasa Arab. Aplikasi ini telah dirilis sejak tahun 2012, dan terus menerus diupdate untuk memberikan pengalaman yang terbaik kepada para penggunanya.

Saat ini aplikasi Kamus Bahasa Arab ini sudah didownlad oleh lebih dari 1juta pengguna. Bukan hanya itu, ulasan yang diberikan oleh pengguna rata – rata bernada positif dengan skor bintangnya mencapai 4,6 dari 5. Hal ini menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna merasa bahwa aplikasi ini bagus, berkualitas dan sangat membantu mereka.

Dengan menginstall Aplikasi ini, kita serasa akan memiliki 7 Kamus Arab yang berbeda – beda. Dari 7 kamus ini jika ditotal entri kosa katanya bisa menyentuh angka dua ratus ribuan lebih. Tentu dengan entri kosa kata sebanyak itu, hampir semua kata – kata umum dalam komunikasi sehari – hari sudah tercakup di dalamnya. 

Selain itu dengan adanya 7 kamus berbeda ini, Anda bisa dengan mudah berpindah – pindah antar kamus jika belum menemukan terjemah yang pas di satu kamus tertentu. 7 kamus tersebut adalah Kamus unggulan dari pengembang sendiri yakni Kamus Arab Indonesia, Kamus al-Munawwir, Mu’jam al-Ghaniy, Mu’jam al-Mu’ashiroh, Ma’ajim al-Arab, Lisanun Arab dan Kamus al-Qur’an.

Kami tidak bisa mengkonfirmasi berapa presentasi kesamaan antara Munawwir di Aplikasi ini dengan Kamus Munawwir asli karya K.H. Ahmad Warson Munawwir yang populer itu karena tidak ada penjelasan resmi dari pengembang aplikasi. Namun di luar itu Aplikasi ini tetap menjadi rekomendasi bagi para pengguna Smartphone Android yang membutuhkan Kamus Bahasa Arab.

Tampilan aplikasi ini simpel dan sangat mudah digunakan, ia bisa digunakan untuk menerjemahkan kata dari Bahasa Arab ke Indonesia atau Sebaliknya. Namun dalam beberapa kamus Anda tidak bisa melakukannya karena bukan difokuskan untuk menerjemahkan kata antar bahasa namun untuk mencari penjelasan satu kata dalam bahasa Arab dengan penjelasan dalam Bahasa Arab juga. Seperti dalam kamus Mu’jam al-Ghaniy, Mu’jam al-Mu’ashiroh, Ma’ajim al-Arab dan Lisanun Arab. Namun pilihan entri katanya terbatas.

Sampai update terbaru hari ini versi 5.08.3 sayangnya Kamus Arab Indonesia ini belum mendukung fitur menerjemahkan kalimat. Jadi hanya bisa digunakan untuk menerjemah kata per kata, cukup disayangkan. Namun bisa dimaklumi karena menerjemahkan suatu kalimat ke dalam bahasa lain prosesnya cukup rumit dan melibatkan pemahaman yang mendalam tentang konteks dimana kalimat tersebut diucapkan, bahkan translator online sebesar Google Translate saja belum bisa sempurna dalam menerjemahkan suatu kalimat, bahkan seringkali malah membingungkan.

Terlepas dari itu dengan semua keunggulan di atas, Kamus Arab Indonesia tersedia gratis untuk para pengguna Android dan bisa digunakan secara offline tanpa terhubung ke internet. Asyik bukan? Jadi tunggu apa lagi silahkan langsung kunjungi play store untuk mendownloadnya atau bisa langsung klik di sini.


Kamus Bahasa Arab ini belum sepopuler Kamus Arab Indonesia, namun menurut kami kemampuannya cukup bisa bersaing. Ini bisa dijadikan secondary dictionary untuk koleksi Aplikasi kamus Bahasa Arab kalian. Sekali – kali Anda bisa membandingkan keduanya untuk memperkaya makna atau terjemah dari suatu kata yang ingin Anda cari.

Aplikasi ini berumur lebih muda karena baru dirilis pertengahan tahun 2016, penggunanya pun masih seratus ribuan lebih. Namun yang menarik adalah para pengguna aplikasi ini juga memberikan rating yang positif 4,6 dari 5 bintang, selain itu ulasannya juga rata – rata bernada positif, yang mana hal itu berarti bahwa kamus ini dianggap memuaskan bagi para penggunanya dan bisa jadi penggunanya akan berkembang dan jumlahnya akan menyusul Kamus Arab Indonesia.

Meski tidak memberikan pilihan 7 kamus berbeda seperti aplikasi sebelumnya, Almaany tetap menyediakan fitur dasar sebuah kamus yakni bisa menerjemahkan kata dari Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab. Dari pengalaman penggunaan selama ini, kamus ini bisa mencover semua kebutuhan terjemah untuk kata – kata yang umu digunakan sehari – hari. Namun jika Anda ingin mencari terjemah untuk kata ilmiah mungkin sebagian tidak tersedia.

Selain itu ia juga bisa digunakan secara offline tanpa menggunakan jaringan internet dan sekaligus gratis. Namun jika Anda mau, ada versi yang berbayar jika Anda tidak ingin diganggu oleh banyak iklan.

Almaany hanya bisa menerjemahkan kata per kata sebagaimana Kamus Arab Indonesia, ia belum memiliki fitur untuk menerjemahkan sebuah kalimat. Hal ini tidak mengherankan dan bisa dimaklumi karena bahkan yang versi berbayar pun juga tidak memiliki fitur tersebut.

Jika Anda tertarik untuk memilikinya silahkan langsung mengunjungi Play Store untuk mendownloadnya atau silahkan klik di sini.


Demikian rekomendasi Kamus Bahasa Arab yang bagus dan berkualitas menurut pengalaman kami. Jika Anda memiliki saran kamus yang lain silahkan disharing keterangannya di kolom komentar. Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Aplikasi Kamus Bahasa Arab Yang Bagus dan Berkualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel