Scan Dokumen Cukup Menggunakan Smartphone

Aplikasi untuk scanning dokumen menggunakan smartphone

Scanning dokumen sering kali dibutuhkan pada saat ini. Scan dokumen dimaksudkan untuk mengambil gambar dokumen untuk kemudian digunakan untuk tujuan tertentu Men-scan dokumen beda dengan memfoto, karena yang diambil hanyalah gambar dokumennya saja. Tapi sebenarnya untuk menscan bisa melalui cara difoto namun nantinya perlu diedit untuk menghilangkan gambar lain yang tidak diperlukan selain dokumen, namun hal ini cukup ribet jika tidak memiliki skill edit yang mumpuni.

Dulu untuk men-scan dokumen tidaklah mudah. Ada alat khusus yang digunakan, biasanya terdapat di penyedia jasa fotocopy.  Untuk itu kita wajib memiliki alatnya atau menggunakan penyedia jasa scan dokumen,. Dulu scan satu dokumen dihargai sekitar Rp. 500, jika scan banyak dokumen, tinggal mengalikan saja.

Namun, seiring berkembangnya dunia digital, banyak pengembang berlomba – lomba membuat inovasi baru untuk memudahkan aktivitas manusia. Sehubungan dengan semakin canggih smartphone masa kini, di mana teknologi kamera yang digunakan juga semakin meningkat, maka hal ini dimanfaatkan oleh para pengembang untuk membuat sebuah software yang bisa digunakan men-scan sebuah dokumen dengan bantuan kamera pada smartphone.

Utntuk itu kami akan berikan rekomendasi aplikasi scanner dokumen yang bagus, software ini cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencsan dokumen.


Aplikasi yang dikembangkan oleh Intsig Information Co.,Ltd ini adalah aplikasi andalan yang didownload oleh 100 juta lebih pengguna android. Dengan begitu kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, untuk kehandalan dalam men-scan dokumen aplikasi ini sulit dicari tandingannya karena respon yang cepat dan pengeditan yang cukup akurat.

Aplikasi ini bisa digunakan secara online maupun offline, namun kekurangannya jika tidak terkoneksi internet, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan.

Camscanner memiliki beberapa fitur yang akan menambah kemudahan dalam mengurus dokumen selain menscan. Di antaranya, kemampuan mengkonversi tulisan di gambar menjadi teks (OCR), menggabungkan gambar beberapa dokumen menjadi 1 file, memberi tandatangan digital pada dokumen dll.

Namun ada kualitas ada harga, cukup disayangkan karena tidak semua fitur tersebut disediakan secara gratis, beberapa fitur baru bisa didapatkan jika pengguna bersedia berlangganan aplikasi ini. Yang mungkin akan membuat jengkel adalah pengguna tidak bisa menghilangkan watermark yang ada dalam gambar hasil scan jika masih menggunakan yang versi gratis.

Untuk biaya berlangganannya sendiri relatif mahal, mencapai hampir 600 ribu rupiah/ tahu atau sekitar 50k/bulan. Namun ini adalah harga yang layak melihat besarnya manfaat dari berbagai layanan yang diberikan.


Memiliki pengguna aplikasi yang lebih sedikit dari Aplikasi sebelumnya tidak lantas membuat Aplikasi ini kalah telak dalam memberikan layanan ke pengguna. Aplikasi yang dipakai oleh lebih dari 10 juta pengguna ini memiliki fitur dan yang tidak jauh berbeda dengan Camscanner.

Sama halnya dengan fitur yang terdapat dalam Camscanner sebelumnya, Tapscanner juga memiliki fitur – fitur yang diunggulkan oleh pengembangnya seperti, kemampuan memindai gambar dan mengkonversinya menjadi teks (OCR), QR Scan, bisa menandatangai dokumen menggunakan e-signature. dll

Meskipun tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar, namun dalam versi gratis fitur yang dimiliki sudah cukup lengkap. Seperti, QR Scanner dan memberi e-signature pada dokumen bisa digunakan dalam versi gratis. Ini sangat menarik.

Namun yang menjadi catatan adalah responsifitas aplikasi ini masih kalah jika dibandingkan dengan Camscanner. Butuh waktu sekian detik untuk satu kali scan dokumen, rentang waktu ini menjadi lebih terasa jika smartphone yang digunakan pengguna memiliki spesifikasi yang rendah, lebih – lebih dalam keadaan memori yang hampir penuh.

Maka biasanya untuk penggunaan yang lebih efisien, kami menginstall kedua aplikasi ini dalam 1 smartphone. Dengan begitu masing-masing keunggulan kedua aplikasi bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita, tentunya agar bisa tetap gratis. 😊

Demikian rekomendasi 2 aplikasi yang biasa kami gunakan dalam kebutuhan harian untuk scanning dokumen, tentunya di luar kedua aplikasi ini masih ada banyak aplikasi lain yang juga tidak kalah bagus seperti scanner yang dikembangkan Adobe dan Microsoft. Tidak masalah mana saja yang akan Anda pilih, masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Yang terpenting pilihlah aplikasi yang responsif dan memiliki fitur gratis yang lengkap.

Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Scan Dokumen Cukup Menggunakan Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel