Surat Pernyataan Pengakuan Untuk Berbagai Keperluan

Surat Pernyataan Pengakuan Untuk Berbagai Keperluan


Surat Pernyataan Pengakuan berfungsi untuk mengambil pengakuan dari satu pihak tentang sesuatu yang dianggap penting. Pengakuan yang dibutuhkan bisa untuk berbagai keperluan, seperti mengaku memiliki hutang kepada pihak lain, mengaku bahwa dirinya bukan termasuk PNS, Anggota TNI atau Polri, mengaku bahwa belum pernah menikah, mengaku telah kehilangan barang berharga (STNK, KTP, Sertipikat Tanah dll), mengaku menyesal telah melakukan kesalahan karena melanggar aturan, dlsb.

Namun seringkali Surat Pernyataan ditulis tidak lagi melibatkan kata ‘Pengakuan’ seperti untuk keperluan sebagai berikut : Surat Pernyataan Kehilangan, Surat Pernyataan Belum Menikah, Surat Pernyataan Hutang, dll. Hal tersebut tidak terlalu bermasalah yang penting keperluan yang ingin disampaikan bisa dipahami oleh pihak yang meminta Surat Pernyataan tersebut.

Yang terpenting dalam pembuatan Surat Pernyataan adalah bunyi pernyataan tertulis di dalam surat tersebut. Berikut kami berikan referensi kalimat pengakuan yang biasa dipakai untuk berbagai keperluan :


Contoh Pernyataan Pengakuan Berhutang 

“Dengan ini saya menyatakan bahwa pada tanggal 16 Agustus 2018 saya berhutang / meminjam uang kepada saudara Abdullah bin Abdul Hamid sebesar Rp. 69.000.000 dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut selambat – lambatnya 90 hari (3 bulan) sejak tanggal peminjaman.
Bahwa jika saya terlambat melunasi pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang ditentukan, maka saya bersedia dikenakan denda sebagaimana yang telah disepakati sejumlah 5% dari nilai hutang pokok per bulannya.
Bahwa jika saya tidak bisa melunasi pinjaman selambat – lambatnya 365 hari (1 tahun) dari tanggal peminjaman, maka saya bersedia mempertanggungjawabkannya hal tersebut secara hukum di pengadilan.”

Contoh Pernyataan Pengakuan bukan anggota PNS, TNI atau Polri

“Dengan ini saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saya bukan termasuk Pegawai Negeri Sipil, TNI atau POLRI."

Contoh Pernyataan Pengakuan Belum Menikah

“Dengan ini menyatakan bahwa hingga saat ini, saya belum menikah dengan siapapun, baik secara adat, sirri, maupun pernikahan sah secara agama dan hukum negara, dengan demikian saya masih berstatus lajang.”

Contoh Surat Pernyataan Pengakuan Kehilangan STNK

“Bersamaan dengan ini saya menyatakan bahwa saya telah kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor pada hari Kamis, 17 Juli 2016, 
Merk dan Type kendaraan   : Honda / Nf10809U
Nopol      : W 1098 FU
No. Rangka      : 123ybj4opi89
No. Mesin      : 768530988i
Atas Nama      : Suhendra
Alamat              : Jl. Malang No. 17, Ds. Bulu, Kec. Dukun, Gresik
STNK tersebut hilang di sekitar Rumah (alamat tersebut di atas) hingga pasar Dukun. 
Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar bisa dipergunakan untuk keperluan pengurusan STNK baru. Apabila dikemudian hari ditemui fakta yang tidak sesuai dengan pengakuan di atas, maka saya bersedia bertannggungjawab menanggung konsekwensi yang ada.”

Jika yang hilang adalah dokumen selain STNK maka hanya perlu mengganti keterangan dokumen beserta menyebutkan nomor dokumen secara spesifik.

Contoh Surat Pernyataan Pengakuan Menyesal Telah Melanggar Aturan

“Dengan ini saya mengakui bahwa saya telah melanggar peraturan perusahaan dengan mangkir selama tiga hari berturut-turut sejak 17 Juni 2018 hingga 19 Juni 2018 tanpa alasan yang kuat dan dapat dibenarkan. 
Saya sadar bahwa Pelanggaran tersebut merupakan jenis pelanggaran berat peraturan perusahaan, karena itu saya secara tulus memohon maaf kepada seluruh jajaran direksi dan atasan serta saya berjanji tidak akan mengulangi pelanggaran yang sama di kemudian hari.
Dari pelanggaran tersebut di atas saya bersedia menerima konsekwensi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. 
Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.”

Masih banyak pernyataan yang bisa dibuat untuk berbagai keperluan yang lain, namun sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita bisa mengola isi pernyataan di dalam Surat sehingga terkesan sopan dan lugas, tidak perlu banyak kalimat yang bertele – tele, atau memasukkan keterangan lain yang tidak diperlukan.

Berikut Contoh Form Surat Pernyataan Pengakuan yang bisa digunakan :


SURAT PERNYATAAN

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama         : ......................................................................................
Tempat/ Tgl Lahir : ......................................................................................
Jenis Kelamin : ......................................................................................
Alamat Lengkap : ......................................................................................
Kontak         : ......................................................................................

Dengan ini menyatakan bahwa :
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Demikian surat ini kami buat dengan sebenar – benarnya tanpa dipengaruhi oleh pihak mana pun, dan kami bertanggungjawab penuh terhadap kebenaran pernyataan di atas.

                                                                                                          Surabaya, ..................... 20.......
                                                                                                              Yang Membuat Pernyataan




                                                                                                                           (Nama Jelas)

Download file di sini

Demikian contoh Surat Pernyataan Pengakuan. Karena surat ini bukan termasuk surat kedinasan, maka tidak perlu menggunakan Kop Surat dan tidak membutuhkan stempel pengesahan dari organisasi/ perusahaan. Sekian. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Surat Pernyataan Pengakuan Untuk Berbagai Keperluan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel