Penjelasan Tentang Tembusan, CC, BCC

Surat sangat erat kaitannya dalam dunia administrasi. Berbagai jenis surat dengan fungsi masing – masing diperkenalkan, mulai dari surat pribadi hingga surat dinas untuk keperluan resmi dari suatu organisasi. Tentu setiap surat masing – masing memiliki aturan pokok mengenai isi dan cara penulisan yang sesuai untuk keperluan yang diinginkan.

CC (Carbon Copy)

Beda halnya dengan surat pribadi, surat dinas biasanya memiliki aturan yang lebih banyak yang perlu diperhatikan dan difahami oleh seorang administrator. Salah satu bagian penting yang sering ditemui dalam surat dinas adalah Tembusan atau nama lainnya CC (Carbon Copy). Mungkin bagi pemula yang terjun ke dalam dunia administrasi tidak mengetahui apa itu Tembusan/CC? apa fungsinya? Dan bagaimana cara penulisannya yang benar? Namun jangan khawatir disini kami ada untuk membantu menjelaskan seluk beluknya.


Pengertian, Fungsi dan Jenis Tembusan

Secara bahasa menurut KBBI Tembus berarti masuk, merembes atau berlubang sampai ke sisi yang lain. Sedangkan menurut istilah KBBI yang menyangkut administrasi Tembusan berarti rekaman surat yang ditulis dengan kertas karbon yang diketik; tindasan.

Lebih jelasnya pengertian Tembusan ialah bagian surat yang terletak di bagian bawah yang menjelaskan kepada siapa saja surat tersebut disampaikan.

Dengan demikian fungsi dari Tembusan ini adalah untuk memberi tahu kepada penerima surat bahwa surat serupa juga diberikan kepada pihak lain yang tertera dijelaskan di Tembusan. Tidak ada aturan khusus mengenai pembatasan jumlah pihak yang bisa dicantumkan dalam Tembusan, namun biasanya tidak akan terlalu banyak karena pihak yang tercantum dalam Tembusan hanyalah orang – orang penting yang memiliki kepentingan dengan isi surat.

Ada dua jenis Tembusan yang perlu dikenal, yaitu Tembusan Biasa dan Tembusan Buta.

Tembusan Biasa adalah sebagaimana yang dikenal. Yaitu Tembusan yang penulisannya ditampilkan di dalam surat. Sebaliknya Tembusan Buta adalah Tembusan yang bersifat rahasia sehingga tidak perlu ditampilkan siapa saja yang akan diberikan salinan surat.

Cara Penulisan Tembusan

Tembusan bukan merupakan bagian isi surat, tapi bagian bawah surat/ footer, oleh karena itu keliru jika ditulis sebelum kolom tanda tangan. Jika Anda adalah pengguna Microsoft Office, penulisan Tembusan sangat mudah. Masuk ke bagian footer dengan klik dua kali pada bagian bawah surat dan siap untuk menuliskan pihak – pihak terkait dengan judul Tembusan atau CC (Singkatan dari Carbon Copy).

Namun jika ingin membuat Tembusan Buta maka diperlukan dua kali proses pertama dibuat surat seperti biasa tanpa dituliskan Tembusannya secara sengaja penerima utama surat tersebut tidak diberi tahu siapa yang akan menerima salinan suratnya karena bersifat rahasia. Kemudian proses kedua surat yang sudah jadi dibuat salinannya dengan memberi tambahan kolom Tembusan di bagian bawahnya. Ditulis dengan judul Tembusan Buta/ Tembusan Samar/ BCC (Singkatan dari Blind Carbon Copy).

Biasanya dalam surat elektronik/ email juga ditemukan fitur tersebut, CC dan BCC. Dengan fungsi dan tujuan yang sama fitur ini sangat bermanfaat dalam pengiriman surel. Dengan menekan tombol CC Anda bisa memasukkan email pihak lain yang akan menerima salinan surel dengan catatan penerima utama akan mengetahui siapa yang menerima salinan dan jika menekan tombol BCC penerima tidak akan menerima notifikasi tentang pihak lain yang menerima salinan.

cara menggunaan Cc Email dengan mudah


Sekian penjelasan yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat dan jika ada masukkan atau pertanyaan silahkan ditulis di kolom komentar. Terimakasih.



Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Tentang Tembusan, CC, BCC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel