Tips Memilih Tempat Kursus yang Efektif dan Tepat Guna

Kursus hari ini dibutuhkan oleh sebagian besar pelajar, mulai jenjang SD, SMP, SMA, hingga perkuliahan. Terkadang bukannya pelajar yang merasa membutuhkan, malah justru orang tua yang ingin ada pembelajaran tambahan bagi putra putrinya. Ada bermacam alasan kenapa orang tua rela membayar uang berlebih untuk kursus anaknya, mungkin mereka merasa kurang puas dengan hasil pendidikan anaknya di sekolah, mungkin mereka ingin anaknya terlihat lebih unggul daripada siswa lain di sekolahnya, atau mungkin mereka merasa lebih baik mengarahkan putra putrinya untuk terus belajar daripada dibiarkan kelayapan bermain takut ia akan terjerumus pada pergaulan yang salah dengan temannya.

Memilih Tempat Kursus Yang Efektif dan tepat guna


Untuk itu saat ini ramai bermunculan tempat yang menyediakan jasa kursus/ les/ bimbingan belajar di berbagai lokasi, khususnya di kota – kota besar bahkan bisa jadi lokasinya bersebelahan seperti Alfamart dan Indomaret. 

Tidak mau kalah, di kampung - kampung juga ada banyak tempat kursus rumahan yang menyediakan jasa bimbingan belajar/ biasa disebut les baik umum maupun privat. Pengajar di tempat les tersebut biasanya adalah para guru yang notabene juga mengajar di kelas di mana para murid lesnya sekolah. Membuat tempat les saat ini bisa menjadi salah satu usaha sampingan bagi para guru selain profesi utamanya sebagai guru di sekolah. Tapi ada juga yang selain guru, mungkin mahasiswa atau lulusan sarjana pendidikan yang nyambi membuat tempat kursus sebagai penghasilan tambahan.

Karena itu, di sini kami akan memberikan tips bagi adek – adek atau para orang tua yang ingin mencari tempat kursus bagi putra - putrinya yang tepat guna agar lebih efektif dan bermanfaat. Berikut di antaranya :

1. Tentukan Apa yang Ingin Dipelajari atau Dikuasai

Belajar adalah soal ingin mengetahui dan mempelajari sesuatu. Karena itu tentunya setiap pelajar harus mengetahui apa yang ingin dipelajari. Ilmu pengetahuan sangatlah luas, tidak ada seorang pun yang mampu menguasai semuanya, hanya Tuhan yang mampu. Maka hilangkan pola pikir ingin bisa segala hal, tentukan sejak sekarang apa yang sebenarnya kalian minati dan di mana bakat kalian.

Minat dan bakat ibarat kompas yang bisa digunakan untuk menjelajahi belantara ilmu pengetahuan yang sangat luas, tanpa itu seseorang akan kehilangan arah dan tidak akan memiliki gairah dalam mempelajari sesuatu.

Minat tidaklah harus sesuai dengan mata pelajaran yang ada di sekolah, ia lebih luas dari pada itu. Bersyukurlah jika yang menjadi minat kalian tercakup dalam mata pelajaran sekolah, kalian sudah memiliki kompas sebagai pemandu jalan dalam pencarian tujuan hidup yang sejati. Namun jika tidak, jangan berkecil hati. Teruslah mencari tidak perlu terburu – buru, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tekun mempelajari dan mencoba banyak hal baru, dengan begitu semoga Tuhan memberi petunjuk apa sebenarnya yang menjadi minat dan bakat terpendam kalian.

2. Tempat Kursus yang Expert di Bidang Tertentu

Kalau kalian mengamati tempat kursus di kampung seperti di atas, kegiatan belajar di dalamnya adalah setiap hari para siswa hanya diajak belajar bersama untuk mempelajari semua mata pelajaran yang terjadwal untuk di pelajari di sekolah esok hari. Hal ini memberi kesan bahwa antara tempat kursus dan sekolah tidak ada bedanya, guru pengajar mungkin sama, mata pelajaran sama, hanya waktu mempelajarinya yang menjadi lebih panjang. Di satu sisi ini cukup bermanfaat bagi anak yang butuh waktu lama untuk memahami sesuatu namun disisi lain bagi anak yang cepat paham hal ini bisa dianggap membosankan, mungkin ia berpikir, ah itu lagi itu lagi, ia terkesan akan menyepelekan dan ogah – ogahan dalam belajar.

Untuk itu tips selanjutnya adalah carilah tempat kursus yang expert di satu bidang tertentu. Seperti kursus komputer saja, kursus memasak, kursus menjahit, kursus bahasa, kursus musik, kursus service alat elektronik, kursus programming dlsb. Sesuaikan dengan apa yang menjadi minat kalian, apa yang kalian ingin pelajari. 

Dengan fokus pada satu tujuan tertentu maka beban yang dipelajari akan lebih ringan sehingga bisa menyerap lebih banyak ilmu yang berguna di masa depan. Selain itu, biasanya tempat kursus yang expert di satu bidang memiliki jangka waktu yang cukup singkat dan memiliki target berapa lama seorang siswa bisa menguasai ilmu yang diberikan. Dengan begitu, setelah selesai belajar di satu tempat kursus dan menguasai ilmunya, kalian bisa belajar lagi di tempat lain untuk mempelajari ilmu baru dengan metode yang sama, relatif singkat dan tertarget. Begitu seterusnya sehingga tanpa terasa ilmu yang dipelajari sudah cukup banyak dan bisa membuat kalian lebih bermanfaat dalam banyak hal.

3. Cek dan Ricek Guru Pengajar

Guru memiliki peran yang begitu penting dalam proses pembelajaran. Karena itu kalian tidak bisa asal dalam memilih sosok guru, dibutuhkan kejelian dan pengamatan yang seksama sebelum memutuskan memilih seorang guru. Ulama – ulama zaman dulu ketika ingin mempelajari agama, mereka bahkan rela menguntit dan mengamati gerak gerik calon gurunya, dalam beberapa waktu jika selama pengamatannya sang calon guru tidak pernah melakukan maksiat dan perbuatannya selalu sesuai dengan tuntunan Syari’ah, maka mereka mau berguru kepadanya. Jika tidak sesuai dengan kriteria maka mereka akan memilih guru yang lain.

Namun sekarang zaman sudah berubah, kita tidak bisa melakukan hal itu. Bisa jadi kita dilaporkan polisi jika menguntit seseorang terus menerus. Salah satu cara agar bisa menemukan guru yang tepat adalah dengan melihat prestasinya, misal kalian ingin belajar memasak, carilah guru yang memang seorang chef handal di mana masakannya diminati banyak orang, jika Anda ingin belajar programming, maka carilah guru yang sudah terbukti telah membuat banyak software/ aplikasi, jika Anda ingin belajar bercocok tanam, maka carilah orang yang benar – benar berpengalaman terjun ke sawah / kebun tak takut kotor untuk mempraktikkan ilmu bercocok tanam dengan baik. dlsb.

Guru yang baik adalah bukan dilihat dari gelar berderet yang dia miliki, namun butuh hal yang lebih konkrit berupa karya yang dihasilkan dari ilmu yang ia miliki.


4. Metode Pembelajaran Lebih Bersifat Praktik

Masing berhubungan dengan tips ketiga, selain memilih guru, pencari tempat kursus juga perlu mengamati metode pembelajaran di dalamnya. Kebanyakan orang tentu akan lebih mudah menerima materi yang disampaikan jika langsung dipraktikkan daripada hanya berupa penjelasan – penjelasan, karena praktik akan memberikan gambaran yang lebih jelas dalam proses penyerapan informasi.

Untuk itu penting rasanya mencari tempat kursus yang lebih mengedepankan praktik daripada penjelasan teori, hal ini terutama jika materi yang ingin dipelajari memungkinkan untuk dipraktikkan, seperti programming, memancing, berenang, memasak dll. Namun jika yang ingin dipelajari bukan merupakan ilmu yang mudah untuk dipraktikkan, seperti Fisika, Matematika (sebenarnya dalam beberapa aspek keduanya memiliki materi yang bisa langsung dipraktikkan, namun ada juga yang sulit karena mungkin tidak memiliki sarana yang memadai atau materinya berupa konsep yang sulit diaplikasikan dalam dunia nyata) maka yang perlu diperhatikan adalah profil guru, kembali tips ke nomor 3.

Dengan memilih guru yang tepat maka besar kemungkinan untuk mendapatkan metode pembelajaran yang juga tepat.

5. Jangan Pelit Biaya

Dengan mematok kriteria yang cukup tinggi di atas, konsekwensinya adalah pada kemauan dan kerja keras untuk menyediakan biaya yang tidak sedikit. Bagaimanapun ilmu sebenarnya tidak ternilai bahkan tidak ada harta yang bisa digunakan untuk membayar sebuah ilmu pengetahuan, biaya yang dikeluarkan hanyalah sebagai pengganti waktu yang dan tenaga yang diambil dari guru untuk mengajari murid. Maka sudah sepatutnya sebagai seorang murid yang baik harus memahami arti penting ilmu pengetahuan.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib bahkan pernah berkata, “aku adalah hamba/ budak dari seseorang yang mengajariku walaupun hanya satu huruf” beliau ikhlas sepenuh hati  diperlakukan sebagai budak oleh gurunya. Bukan berarti kemudian seorang guru akan semena – mena memperlakukan muridnya sebagai budak, sayyidina Ali ingin mengatakan bahwa guru memiliki derajat yang begitu luhur bagi seorang murid, untuk itu sudah sepantasnya murid harus menghormatinya dengan sepenuh jiwa, termasuk salah satunya dengan mengganti waktu yang diambil dari mereka dengan memberi upah yang semestinya.

Maka sangat wajar jika tempat kursus yang betul – betul bagus, mematok harga yang sangat tinggi. Mereka berhak untuk melakukan itu. Namun jika kalian termasuk orang yang tidak mampu, ada tips lain yang bisa coba diterapkan jika terpaksa.

Perlu diingat bahwa pembelajar sejati tidak akan mundur hanya karena masalah biaya, jika tidak memiliki harta, ia masih memiliki sesuatu yang lain yang bisa digunakan untuk mengganti biaya belajar yaitu dengan tenaga. Hal ini memang tidak mudah, namun dengan kesungguhan dan ketulusan hati, tidak ada hal yang tidak mungkin untuk belajar.

Contoh : si A ingin belajar ilmu bela diri, ia telah menemukan sosok yang tepat untuk berguru padanya. Namun apa daya ia tidak memiliki biaya sebagai upah guru tersebut, ia tidak patah semangat, suatu hari ia mendatangi padepokan guru tersebut dan melihatnya berlatih dengan banyak muridnya, namun ia ragu untuk mendekat, ia memosisikan diri hanya melihat dari kejauhan. Setelah latihan rutin selesai kelas bubar, para murid pulang ke rumah masing – masing hanya tersisa sang guru seorang diri. Menyadari itu, ia kemudian bangkit dan memberanikan diri mendekati beliau. Kemudian dengan malu – malu berkata bahwa ia ingin ikut belajar bela diri namun tidak memiliki biaya, sebagai gantinya jika sang guru berkenan ia rela melayani sang guru dan rela melakukan apapun yang beliau suruh bahkan bila perlu ia mau menjadi pembantu bersih – bersih di rumahnya. Sang guru heran sekaligus terharu dengan kesungguhan si A sehingga akhirnya beliau menyetujui dan mau menerimanya menjadi murid. 

Hal semacam ini bisa dipraktikkan jika keadaan cukup mendesak.


Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan tentang cara mencari tempat kursus yang lebih efektif dan tepat guna, semoga usaha dan kesungguhan kalian dalam menuntut ilmu tidak terpatahkan oleh hal – hal yang bersifat semu dan semoga ilmu yang didapatkan bisa lebih bermanfaat untuk menjadikan masa depan lebih baik dari sekarang. Sekian.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Tempat Kursus yang Efektif dan Tepat Guna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel