Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan

tips mudah mencari kerja

Seseorang yang sudah memasuki usia dewasa sudah sewajarnya mulai berusaha hidup mandiri. Normalnya biasanya akan muncul kesadaran dalam diri masing - masing untuk mulai mencari pekerjaan yang bisa dilakukan atau membuka usaha agar mendapat penghasilan sendiri dan tidak tergantung lagi dengan pemberian dari orang tua. Namun hal itu ternyata relatif tidak mudah. banyak orang mengeluh kesulitan mencari kerja pada zaman sekarang, seakan – akan tidak ada lagi lowongan pekerjaan yang tersedia untuk dimasuki.

Apakah memang seperti itu kenyataannya? Tentu tidak, jika mau benar – benar mencari, sebenarnya berbagai lowongan kerja mudah ditemukan di mana – mana terlebih sekarang sudah zamannya keterbukaan informasi dengan didukung kuat oleh perkembangan dunia maya (internet) yang begitu pesat. Di internet banyak sekali situs – situs yang menyediakan update informasi mengenai lowongan kerja setiap harinya. Tinggal memasukkan kata kunci ‘job’ atau ‘lowongan kerja’ atau ‘loker’, maka akan muncul banyak sekali informasi yang tersedia di sana.

Belum lagi sekarang zamannya media sosial, facebook, twitter, instagram, linkedin dll. lowongan kerja juga cukup mudah ditemukan di sana. Namun jika diteliti lebih jauh, ternyata yang menyebabkan sulitnya mencari pekerjaan adalah karena kurangnya kemampuan yang dimiliki atau hal – hal yang lain, bukan karena tidak adanya lowongan kerja.

Berikut akan kami berikan tips yang jika sungguh - sungguh dilakukan maka jangan terkejut jika tiba – tiba cepat sekali mendapat pekerjaan yang diimpikan. Berikut di antaranya :

1. Hilangkan Gengsi

Gengsi adalah salah satu penyebab utama seseorang sulit mencari kerja. Gengsi menurut arti kebahasaan (dalam KBBI) adalah kehormatan dan pengaruh; harga diri; martabat. Dari situ kita tahu bahwa gengsi bukanlah sesuatu yang buruk. Untuk hal – hal tertentu kita memang harus memiliki gengsi yang tinggi. Namun setiap hal perlu ditempatkan pada tempat dan waktu yang tepat. Karena jika salah menempatkan, bukan kebaikan yang didapatkan tapi justru bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Dalam hal mencari pekerjaan, gengsi perlu diterapkan setinggi mungkin terhadap segala lowongan pekerjaan yang mengandung unsur kemaksiatan, pekerjaan yang jelas akan merusak sehingga bisa merugikan diri sendiri dan orang lain dan pekerjaan yang tidak memiliki manfaat sama sekali dan justru malah menjatuhkan harga diri sebagai manusia.

Sedangkan untuk pekerjaan yang halal, jauh dari kemaksiatan, dan bermanfaat baik untuk diri sendiri, lingkungan dan orang di sekeliling maka sembunyikanlah rapat - rapat rasa gengsi tersebut. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa khawatir dengan gunjingan orang lain, karena Anda begitu yakin bahwa yang sedang dikerjakan sedikit banyak akan membawa manfaat bagi mereka yang menggunjing tersebut.

2. Tingkatkan Kemampuan

Penyebab yang sering muncul dan dijadikan alasan orang kesulitan mencari kerja adalah kurang kemampuan yang dimiliki, maka hal inilah yang sebenarnya harus diatasi terlebih dahulu. Gali sedalam – dalamnya minat dan bakat yang dimiliki kemudian kembangkan hal itu dengan sungguh – sungguh. Suatu hari ketika sudah tiba saatnya, bukan Anda yang mencari pekerjaan, justru pekerjaanlah yang mengantri ingin mendapatkan Anda. Jika sudah berada di posisi tersebut, maka dalam proses tawar menawar posisi Anda menjadi di atas dari yang sebelumnya.

Yang perlu diingat bahwa meningkatkan kemampuan sifatnya harus kontinyu dalam arti harus terus menerus tanpa henti bahkan hingga tua nanti. Meningkatkan kemampuan sama artinya dengan menambah ilmu, mengembangkan wawasan atau meningkatkan keterampilan. Selain untuk mencari kerja point kedua ini juga akan lebih bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari kita dalam masyarakat.


3. Kendalikan Gaya Hidup

Gaya hidup sangat dipengaruhi oleh pergaulan dan kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang dan secara otomatis juga akan mempengaruhi cara berpikirnya. Jika seseorang sering bergaul atau sering berkaca pada cara hidup kalangan orang kaya yang hedonis, ia sedikit banyak akan terpengaruh kebiasaan hidup bermewahan, bersenang – senang, dan akan beranggapan bahwa tujuan hidupnya adalah mendapatkan & menikmati materi (harta kekayaan) sebanyak – banyaknya. Atau ketika sering bergaul dengan kalangan yang sukanya nongkrong2 santai, bermain – main, menghabiskan banyak waktu untuk hal – hal yang negatif, sedikit banyak ia juga akan terpengaruh menjadi demikian.

Gaya hidup semacam itu tentu akan berdampak negatif dalam proses pencarian kerja yang diinginkan. Orang yang hanya ingin bersantai dan menikmati kemewahan biasanya selalu menginginkan sesuatu yang sesuatu yang serba praktis dam instan, memiliki gengsi yang tinggi untuk hal – hal yang sifatnya sepele serta selalu mencari zona nyaman. Mereka kurang siap jika diajak bersusah payah belajar, meningkatkan skill, mengurusi hal – hal sepele yang mana disadari atau tidak itu sangat bermanfaat dll.

Maka mulailah meninggalkan gaya hidup yang semacam itu agar mudah mendapatkan pekerjaan, seseorang harus menantang dirinya terus menerus untuk mendapatkan yang terbaik di masa depan, itulah yang disebut dengan kesungguhan, ketekunan, dan perjuangan sejati.

4. Berharap Tuhan Membantu

Bagi setiap orang yang mempercayai Tuhan tentu yakin bahwa tidak ada yang memiliki kuasa di alam semesta ini selain Dia. Dialah yang mampu mengubah kondisi dari tidak ada menjadi ada atau sebaliknya, dari tidak memiliki menjadi memiliki atau sebaliknya. Maka sudah sepatutnya setiap orang tidak pernah meninggalkan faktor satu ini, yaitu berdo’a memohon kepada Tuhan untuk dibantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Berdo’a bisa disebut juga sebagai sarana merendahkan diri dan meredam sifat sombong dalam hati. Dengan berdo’a seseorang selalu merasa bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan apa – apa tanpa bantuan dariNya. Dengan begitu ketika suatu saat ia telah berhasil mencapai apa yang dia impikan, ia akan tetap rendah hati kepada sesamanya.

Namun tentu tidak cukup hanya dengan memohon, ada hak ada kewajiban, ada barang ada harga yang harus dibayar, sebelum meminta hak dengan berdo’a harus dimulai dengan mengerjakan kewajiban yakni menunjukkan bukti kesungguhan kepada Tuhan dengan melakukan berbagai usaha yang ia mampu, yaitu dengan melakukan 3 point sebelumnya dengan sungguh – sungguh dan penuh keikhlasan. Dengan begitu Tuhan akan menyetujui proposal do’a yang diajukan.


Demikian 4 tips utama agar seseorang mudah mendapatkan pekerjaan. Semua point yang disebutkan tentu bukanlah perkara mudah, mudah diucapkan namun sulit dilakukan, tentu saja seperti itu. Jangan terlalu berharap mendapatkan sesuatu yang besar dengan mudah, Anda akan mudah ditipu oleh orang – orang yang tidak bertanggungjawab.

Semoga bermanfaat, sekian.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Mendapatkan Pekerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel