4 Langkah Yang Layak Dicoba Untuk Mendapat Inspirasi

Bagi seorang penulis baik penulis, blog, cerpen, novel atau profesi lainnya yang berhubungan dengan olah pikiran pasti akrab dengan istilah mencari inspirasi. Inspirasi sendiri maknanya sama dengan ilham, sedangkan ilham dalam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna petunjuk dari Tuhan yang timbul di hati; pikiran (angan- angan) yang timbul dari hati; bisikan hati; sesuatu yang menggerakkan hati untuk mencipta (mengarang syair, lagu dan sebagainya).

langkah layak dicoba untuk mendapat inspirasi

Setiap orang tidak bisa mengontrol kapan inspirasi datang. Terkadang ia tiba – tiba muncul tanpa diduga, di lain waktu kala ditunggu – tunggu justru tak kunjung datang. Hal ini menunjukkan manusia sebenarnya tidak benar – benar berkuasa dalam mengendalikan pikirannya. Jika melihat salah satu makna ilham atau inspirasi di atas dikatakan ilham adalah petunjuk dari Tuhan yang timbul di hati, maka kita tahu yang sepenuhnya berkuasa dalam memunculkan inspirasi dan mendatangkannya di pikiran kita adalah Dia Yang Maha Kuasa

Walau begitu seseorang tidak bisa hanya berdiam diri, sedikit banyak ia tetap dituntut melakukan usaha dalam mendatangkan inspirasi yang diinginkan. Lalu bagaimana usaha yang bisa dilakukan? Di sini kami akan sedikit menguraikan beberapa tips atau usaha untuk mendapat inspirasi yang biasanya kami lakukan. Di antaranya :

1. Berdo’a

Langkah pertama ini yang paling mendominasi dalam proses pencarian inspirasi, kita sebelumnya mengetahui bahwa yang berkuasa penuh atas datangnya ide – ide tulisan, lagu atau lainnya di pikiran kita adalah Tuhan, maka ibarat kita ingin mengambil buah mangga di depan rumah tetangga, terlebih dahulu harus meminta izin pada pemiliknya.

Inspirasi pun demikian, karena ia sepenuhnya milik Tuhan, maka terlebih dahulu sebaiknya kita minta izin dan memohon padaNya untuk bersedia mendatangkan di pikiran kita. Berdo’a adalah sebuah sopan santun hamba kepada Tuhannya, dengan berdo’a kita berharap inspirasi - inspirasi yang dimunculkan di dalam pikiran ialah inspirasi yang bermutu dan bisa membawa manfaat khususnya bagi diri sendiri dan umumnya untuk orang – orang lain yang akan menikmati karya kita.

2. Mengamati Lingkungan Sekitar

Setelah meminta izin dengan berdo’a, usaha berikutnya adalah pengamatan. Lingkungan sekitar jika diamati dengan baik sering kali bisa membantu dalam memunculkan suatu ide dalam membuat sebuah karya tulisan, lagu dll. Ada begitu banyak cerita novel, karya - karya ilmiah, puisi atau syair – syair lagu yang menggambarkan tentang keadaan lingkungan. Misalnya lagu – lagu dari Iwan Fals, banyak di antaranya yang mengkritik keadaan negara karena kepemimpinan yang memprihatinkan kala itu. Begitu juga salah satu lagu Ebit G. Ade, dari pengamatannya tentang kondisi lingkungan yang sedang mengalami banyak bencana dan musibah, maka muncullah sebuah karya lagu yang sangat populer waktu itu.

Kita pun bisa meniru langkah tersebut dalam mencari sebuah inspirasi. Misalnya suatu hari kami ingin menulis sebuah tulisan tentang tema pendidikan, waktu itu kami sempat buntu mau menulis tentang apa, maka dengan mengamati lingkungan sekitar kami diberi inspirasi tulisan yakni “tips mencari tempat kursus yang tepat guna”. Saat itu kami mengamati bahwa di kampung kami terdapat tempat les atau bimbingan belajar yang cukup menjamur karena banyaknya kebutuhan untuk itu.

3. Jalan – Jalan Sejenak Untuk Refreshing

Komputer jika dibuat kerja berat secara terus menerus, tentu ia suhunya akan semakin memanas dan besar kemungkinan untuk hang, untuk itu diperlukan langkah penyegaran atau refresh. Begitu juga dengan otak manusia dan anggota – anggota tubuh lainnya, otot jika dipaksa terus bekerja ia akan kram dan menjadi sangat tegang, otak jika dipaksa terus bekerja akan pusing, penat dan tidak bisa fokus, untuk itu kami biasanya melakukan cara ini dengan bertujuan untuk refreshing, penyegaran otak dari kejenuhan dan penat.

Jalan – jalan tidak harus melancong ke tempat – tempat wisata yang jauh. Jalan – jalan ini bisa dilakukan di sekitar rumah atau hanya keliling desa sembari mengamati hal – hal baru, kondisi sosial masyarakat atau lainnya. Siapa tahu di tengah jalan tiba – tiba muncul inspirasi untuk membuat sebuah karya.

4. Fokus

Hal ini masih berhubungan dengan 3 poin sebelumnya. Fokus memiliki peran yang sangat vital bagi orang – orang yang terjun dalam bidang olah pikiran. Berdo’a butuh fokus, pengamatan butuh fokus bahkan refreshing pun butuh fokus. Apa sebenarnya yang dimaksud fokus ini, fokus adalah pemusatan perhatian pada satu hal tertentu.

Fokus menjadikan seseorang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan semua hal yang dilakukan dengan fokus akan bisa memberikan hasil yang cukup memuaskan. Demikian juga dengan proses mendapatkan inspirasi, upaya berdo’a, mengamati dan refreshing membutuhkan fokusnya masing – masing. 

Ketika berdo’a fokuslah meminta izin pada Sang Maha Pemilik Inspirasi. Ketika mengamati, pikiran harus fokus pada pola – pola tertentu di lingkungan yang relevan dengan tema yang ingin dijadikan sebuah karya, misalnya tema tentang pendidikan, kesehatan, teknologi, kebudayaan, kesenian dll, jangan sampai dalam proses pengamatan fokus pikiran dialihkan dengan hal – hal yang tidak relevan seperti tertarik melihat lawan jenis atau lainnya. Sedangkan ketika refreshing otak perlu fokus untuk penyegaran, jangan membebaninya dengan berbagai pikiran – pikiran lain seperti hutang, tumpukan tugas, perselisihan dengan teman atau keluarga, dll, dengan begitu diharapkan refreshing yang dilakukan menjadi refreshing yang berkualitas.


Demikian 4 langkah yang layak dicoba untuk mendapatkan inspirasi dalam membuat sebuah karya. Anda boleh saja memiliki cara – cara lain sesuai pengalaman pribadi masing – masing. karena bagaimanapun semua orang berdaulat atas akal dan dirinya sendiri dan nantinya juga akan dimintai pertanggungjawaban masing – masing di hadapan Tuhan. Tulisan ini hanya sebagai tambahan wacana bagi Anda dan kami harap semoga bisa membawa manfaat. Sekian.

Belum ada Komentar untuk "4 Langkah Yang Layak Dicoba Untuk Mendapat Inspirasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel