Pertanyaan Mendasar Dalam Hidup

Pernahkah kita bertanya – tanya sesuatu yang cukup inti, seperti kenapa kita hidup? Dari mana manusia berasal? Kenapa kita ada? Apa tujuan hidup kita? Atau pertanyaan lain semacam itu? Atau jangan – jangan kita terlalu sibuk sehingga tidak sempat memikirkan itu semua?. Pertanyaan – pertanyaan tersebut sebenarnya merupakan pertanyaan filosofis yang mendasar dalam hidup yang mana terkadang justru banyak orang tidak bisa menjawabnya.

pertanyaan mendasar dalam hidup

Kehidupan memang selalu dipenuhi oleh berbagai pertanyaan, kenapa begini kenapa begitu, apa, siapa kapan, bagaimana, di mana, dan manusia secara alami merasa tergerak untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut, semakin berkualitas pertanyaan yang dimunculkan, maka semakin bagus dan kompleks jawaban yang harus dicari, hal itu akan sejalan dengan semakin baik pula kualitas kehidupan yang dijalani. Sebagian pertanyaan bisa ditemukan jawabannya, dan sebagian yang lain akan tetap menjadi misteri.

Pertanyaan – pertanyaan mendasar tentang hidup di atas semestinya selalu dipupuk dan dimunculkan terus menerus dalam benak seseorang, hal itu dimaksudkan agar ia bisa merenungkan banyak hal dalam proses pencarian hakikat kehidupan. Dengan banyak merenung seseorang bisa introspeksi, mengevaluasi dan mengambil pelajaran serta manfaat dalam setiap kejadian yang dialami sehingga kehidupannya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Meski begitu, sekali lagi tidak semua orang bisa menemukan jawaban sejati dari berbagai pertanyaan bahkan hingga ajal menjemput, namun tidak mengapa, setidaknya ia sudah berusaha dengan sekuat tenaga, semoga ia akan menemukannya di kehidupan selanjutnya.

Saat ini kehidupan begitu keras, persaingan begitu ketat, banyak orang sudah terlalu sibuk dengan urusan masing - masing sehingga tidak sempat memikirkan pertanyaan – pertanyaan yang mereka anggap sepele semacam itu. Bagi mereka lebih baik memikirkan hal lain yang memang nyata terlihat di depan mata, seperti mau makan apa besok, minggu depan, bulan depan? Apa yang bisa saya dapatkan dengan melakukan ini melakukan itu? Berapa keuntungan dari bisnis ini bisnis itu? Bagaimana cara melipat gandakan keuntungan sebanyak mungkin? Strategi apa yang perlu dilakukan untuk meraih ini meraih itu? Dan semacamnya.


Hanya tersisa sebagian kecil yang bersedia meluangkan waktunya untuk merenung, menghentikan aktivitas sesaat untuk memikirkan lagi pertanyaan mendasar ini. Bukan berarti mereka adalah orang – orang pengangguran yang tidak tahu apa yang harus dilakukan, justru bisa jadi mereka sebenarnya lebih rajin daripada orang kebanyakan atau bisa jadi mereka lebih sibuk dari orang pada umumnya. Namun kesibukan tersebut tidak menghalangi mereka untuk selalu penasaran dan ingin menemukan jawaban dari semua pertanyaan mendasar dalam kehidupannya.

Pertanyaan tidak lahir dengan sendirinya, pertanyaan baru muncul ketika otak seseorang tengah fokus pada sesuatu atau ia sedang berada dalam kondisi atau situasi yang memicu pertanyaan muncul. Kecil kemungkinan orang akan bertanya - tanya tentang seni arsitektur jika ia sedang berjualan sayur di pasar atau seseorang tidak akan peduli tentang berapa harga sayur ketika ia tengah sibuk berurusan dengan pihak berwajib karena tertangkap basah mencuri kucing tetangga.

Begitu pula pertanyaan - pertanyaan mendasar dalam hidup, ia hanya akan muncul ketika seseorang masuk dalam posisi perenungan yang mendalam setelah mengalami banyak hal entah baik atau buruk yang akhirnya membawa dia pada titik kemunculan pertanyaan tersebut, untuk apa manusia hidup? Dari mana kehidupan berasal? Dan bagaimana ia akan berakhir? Dengan memasuki titik tersebut orang mungkin akan mulai tersadar bahwa hidup yang dijalani haruslah memiliki tujuan yang bisa membuatnya bangga dan bahagia.

Secara tidak langsung pertanyaan tersebut akan membimbing si penanya dalam mengambil keputusan dan menentukan sikap dalam kehidupannya sehingga keputusan dan sikap yang diambil bisa lebih presisi dan mengarah pada kebaikan. Namun hal itu juga harus didukung dengan usaha memperluas wawasan pengetahuan yang dimiliki. Itulah tujuan dalam memupuk dan melestarikan pertanyaan – pertanyaan dalam benak seseorang.

Maka semoga kita termasuk sedikit orang yang bersedia meluangkan waktu sejenak untuk mulai merenung mempertanyakan banyak hal yang mendasar dalam kehidupan walau sesibuk apa pun urusan yang dikerjakan. Dengan begitu kita berharap melalui pertanyaan – pertanyaan tersebut kita selalu bisa rendah hati, tidak merasa paling tahu segalanya serta melalui pertanyaan – pertanyaan tersebut kita akan terbimbing untuk menemukan jalan yang lurus dan tepat dalam menjalani kehidupan.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pertanyaan Mendasar Dalam Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel