Menetapkan Tujuan Belajar

Belajar sering kali dianggap sebagai momok yang tidak menyenangkan bagi para pelajar, padahal itu adalah tugas utama yang harus mereka lakukan. Belajar adalah segala upaya yang dilakukan untuk memperoleh pengetahuan baru untuk mengubah cara berpikir agar menjadi lebih baik. Perubahan cara berpikir akan berefek pada meningkatnya kualitas tingkah laku dan meningkatnya kuantitas kecakapan, pemahaman dan keterampilan yang dimiliki.

menetapkan tujuan belajar


Jika demikian siapa sebenarnya yang dimaksud pelajar? Dalam arti umum setiap orang adalah pelajar, kita semua adalah pelajar. Jadi sebenarnya kata pelajar bukan hanya dimonopoli oleh siswa sekolah atau mahasiswa kuliah saja, semua orang memiliki potensi yang sama untuk berusaha memperoleh pengetahuan baru untuk menjawab rasa keingintahuannya masing – masing. 

Sedangkan dalam arti khusus pelajar adalah setiap orang yang menyadari dirinya belum memiliki ilmu dan ia secara sadar berusaha mendapatkan pengetahuan baru tentang sesuatu yang belum diketahui. Dikhususkan bagi yang sadar karena terkadang banyak ditemui orang yang merasa dirinya paling tahu sehingga merasa tidak memerlukan belajar lagi dan tidak mau mendengar masukan atau pengetahuan baru versi orang lain.

Setiap pelajar harus memiliki, memahami dan menetapkan tujuan belajar serta kenapa ia harus belajar. Tujuan adalah arah atau maksud yang ingin dicapai dalam melakukan sesuatu, dalam hal ini belajar. Tanpa arah yang jelas tentu seseorang akan kehilangan kendali dan akan mudah disergap oleh kemalasan dan kebosanan. Sebaliknya, dengan arah yang jelas ia akan memiliki pijakan yang kuat untuk belajar, bagaikan pohon yang mengakar kuat, ia akan tetap berdiri kokoh walau berkali -- kali diterpa angin kencang.

Jadi apa sebenarnya tujuan belajar? Jawabannya bisa sangat relatif, setiap orang berhak menentukan tujuannya sendiri dengan mempertimbangkan sesuatu yang sangat esensi dalam kehidupannya dan tujuan belajar tidak harus satu, boleh saja seseorang memiliki 2 – 3 atau lebih tujuan dalam belajar. Semakin banyak tujuan yang ingin dicapai semakin kuat semangat seseorang dalam belajar.

Berikut akan kami paparkan tujuan belajar versi sholahknows.com, mungkin bisa dijadikan salah satu referensi teman – teman pelajar.

1. Mensyukuri Anugerah Tuhan

Setiap manusia terlahir dengan dibekali akal oleh Tuhan. Bekal tersebut diberikan untuk dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya. Dengan akal inilah, manusia diberi keistimewaan lebih daripada makhluk yang lain. Barang siapa yang menggunakannya dengan maksimal ia akan mendapat derajat yang tinggi di sisiNya dan sebaliknya siapa saja yang malas menggunakannya derajatnya akan terjun bebas hingga menjadi lebih hina daripada makhluk lain.

Untuk itu sebagai bentuk rasa terima kasih atau syukur kita yang mendalam kepada Tuhan, maka kita wajib mendayagunakannya sebaik mungkin dengan cara belajar karena belajar memiliki kaitan yang sangat erat dengan aktivitas akal. Belajar dengan sungguh – sungguh akan meningkatkan kemampuan akal dalam proses berpikir sehingga akan mengubah tingkah laku menjadi lebih baik secara terus menerus.

2. Melawan Kebodohan yang Menjerumuskan

Musuh utama manusia sejatinya ada dalam diri sendiri, ia memiliki banyak bentuk seperti berbagai penyakit hati (kesombongan, iri hati, dengki, dendam dlsb) atau bisa berupa penyakit akal yakni kebodohan. Kebodohan adalah sumber dari berbagai sikap atau perbuatan yang merusak dan menjerumuskan. Mencuri, menghina, membunuh atau lainnya itu semua adalah produk dari kebodohan yang terus - menerus diternak oleh seseorang di dalam pikirannya.

Jadi tujuan belajar salah satunya adalah untuk melawan kebodohan. Kebodohan artinya tidak memiliki pengetahuan akan sesuatu. Dengan terus menerus belajar, secara otomatis akan melatih akal, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan juga akan semakin mendalam dan meluas. Dengan begitu, pengaruh dari kebodohan akan tergerus sedikit demi sedikit.

Meningkatnya pengetahuan dan pengalaman membuat tingkah laku seseorang menjadi lebih baik dan lebih banyak melalui pertimbangan – pertimbangan yang mendalam, sehingga bisa mengambil langkah yang tepat dan presisi dan kemungkinan untuk melakukan hal – hal yang merusak dan menjerumuskan bisa di minimalisir.

3. Mendapatkan Perubahan Baik Dalam Diri

Semua makhluk pasti mengalami perubahan dalam dirinya tidak terkecuali manusia, bahkan manusia mengalami perubahan yang lebih kompleks daripada makhluk lain. Baik perubahan secara fisik (pertumbuhan dan perkembangan organ – organ tubuh) maupun perubahan secara non-fisik (kemampuan, daya pikir, pengalaman, tingkah laku, mental dll). Perubahan – perubahan tersebut memiliki dua potensi yaitu mengarah pada kebaikan atau pada keburukan.

Perubahan sendiri adalah suatu keniscayaan, selain diri manusia itu sendiri, waktu, lokasi, situasi dan kondisi di sekitarnya juga mengalami perubahan secara terus menerus. Itulah kenapa manusia dituntut untuk terus berupaya mengubah dirinya menyesuaikan dengan lingkungan dan kondisi di sekitarnya. Jika ia tidak mau berubah, ia akan terjebak dan akan tertinggal jauh di belakang, ia pasti akan menyesal karena menyia – nyiakan waktu yang diberikan kepadanya.

Belajar adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan setiap manusia agar perubahan – perubahan yang terjadi di dalam diri bisa diarahkan pada kebaikan. Dengan terus belajar, seseorang bisa menjadi pribadi yang selalu lebih baik dari sebelumnya dan dengan belajar pula ia akan tahu apa yang terbaik bagi dirinya dan apa yang harus dilakukan dalam menghadapi suatu masalah di depannya, biasanya dikenal dengan ‘problem solving’ atau pemecahan masalah.

Demikian tadi 3 tujuan belajar versi sholahknows.com, silahkan Anda berkreasi dan berimajinasi untuk menemukan tujuan – tujuan belajar Anda masing – masing, tidak masalah jika memiliki tujuan belajar yang berbeda dengan orang lain. Karena setiap orang berhak menentukan arah kehidupannya sendiri. Good luck

Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Menetapkan Tujuan Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel